Previous Next

Didik Mahasiswa Berprestasi, Unmuh Jember Gelar Kompetisi Bisnis dan Seminar

Kembali memberikan wadah mahasiswanya untuk memiliki jiwa wirausaha dan keterampilan berbisnis, Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) gelar acara Business Plan Competition & Webinar bertemakan "Building Confidence through Public Speaking" di Gedung Ahmad Zainuri Unmuh Jember, kemarin (24-25/6)

 

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 350 mahasiswa yang terbagi menjadi kelompok bisnis menjadi 4 jenis, yakni kuliner, jasa dan perdagangan, budidaya dan, industri kreatif. Setiap jenis usaha dipresentasikan dan dinilai oleh juri.

 

Berlanjut di hari kedua, yang dibuka langsung oleh sambutan Kepala Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni (LPMA), Deni Arfianto, S.T., M.T.

 

Deni mengungkapkan, pengembangan ilmu yang dibawa narasumber merupakan sebuah kesempatan. Karena dunia bisnis yang pernah dialami pasti bisa membawa kesan dan pesan bagi para peserta. Ia juga menambahkan, proyeksi ekonomi di Indonesia berpeluang stabil, sehingga kehadiran narasumber tentu dapat memberikan peluang besar.

 

Acara dilanjutkan dengan pengumuman final 10 penerima bantuan pada kompetisi bisnis diantaranya Chillita, Telur Asin Rasa Pedas, Kindness Saving Card, Bookish Play, Ranger Medsos, Ruang Estetika, Omah Cacing, Biotuka, Sundawa Cultural Market dan Xelograph.id.

 

Selanjutnya, seminar oleh Novan Yudhistira selaku Public Speaking Coach di Ganesha Public Speaking.

 

Narasumber Seminar, Public Speaking Coach di Ganesha Public Speaking, Novan Yudhistira menjelaskan bahwa hal terpenting dalam berbicara di depan umum diperlukan intensitas individu untuk sering maju di depan umum.

 

"Untuk bisa public speaking, harus sering disuruh untuk maju ke depan agar terlatih percaya diri" jelas Novan.

 

Novan juga menjelaskan terkait dengan growth mindset yang harus dimiliki oleh setiap orang dengan kesiapan menghadapi tantangan, kegagalan, kritik dan kemampuan untuk kerja keras.

 

Acara seminar berlangsung sangat kondusif serta partisipasi yang serentak dari mahasiswa dengan konsep seminar "bahagia, fokus dan terlibat" oleh Novan selaku penerapan pengalamannya di hypnotherapy.

Search