Previous Next

Implementasi Kurikulum Merdeka, FKIP Unmuh Jember Beri Pendampingan P5 di TK ABA Jember

     Sebagai bentuk Upaya menyukseskan implementasi kuriklum merdeka yang ideal, dosen dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember, melaksanakan pendampingan penyusunan modul ajar Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila (P5). Mereka adalah Dr. Fitri Amilia, M.Pd, Nurkamilah, M.Pd, Anggraeny Unedia Rachman, M.Pd., dan Vito Noer Dianratno. Kegiatan ini bekerja sama dengan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Kabupaten Jember dengan melibatkan TK ABA di Jember.

     Kegiatan ini menunjukkan komitmen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen, mahasiswa, dan guru berkolaborasi untuk menyukseskan kurikulum merdeka yang telah diresmikan. Pengabdian kepada Masyarakat ini membantu dan mendampingi guru TK dalam menyusun modul P5 melalui pemberian edukasi dan praktik penyusunannya.

     Kegiatan pengabdian masyarakat ini difokuskan pada pendampingan guru Taman Kanak-Kanak (TK). Para peserta telah mengisi google form kesediaan menjadi peserta, sehingga memiliki komitmen untuk mencapai target yaitu tuntasnya penyusunan modul P5 untuk semester 2.

     Proses pendampingan dilakukan di Gedung Dakwah Aisyiyah Kabupaten Jember, tempat yang strategis untuk berkumpul dan berkolaborasi. Kegiatan dilaksanakan tanggal 13 Januari 2024. Kemudian pendampingan mandiri dilakukan secara daring. Para peserta mengirim tautan canva modul P5 yang disusun.

     Tidak hanya bisa menyusun, guru juga memahami konsep-konsep rumusan kompetensi P5 yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran di TK. P5 bukan puncak tema, tetapi merupakan stuktur kurikulum TK selain pembelajaran intrakurikuler. Melalui serangkaian kegiatan, tim PKM FKIP Universitas Muhammadiyah Jember tidak hanya memberikan wawasan, tetapi juga memperkenalkan pendekatan kreatif dan interaktif agar nilai-nilai Pancasila dapat lebih melekat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

     Tim PKM FKIP Universitas Muhammadiyah Jember terus bekerja sama dengan semua pihak yang membutuhkan pendampingan pembelajaran sehingga dapat bermanfaat dan berdampak secara nyata. Semangat kolaborasi antara dosen dan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Jember terus menjadi pilar utama dalam menjawab tantangan pendidikan dan pengembangan karakter guru Taman Kanak-Kanak (TK).

Search