Previous Next

Bagi Kisah Fantastis, Gol A Gong ‘Hipnotis’ Mahasiswa Unmuh Jember Untuk Terus Menulis

Memasuki era teknologi yang menuntut mahasiswa untuk memiliki daya saing dan menjungjung kreativitas, Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perpustakaan dan Career Development Center (CDC) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) mendobrak minat menulis dan menumbuhkan personal branding mahasiswanya dengan menggelar seminar dengan tamu-tamu luar biasa.

 

Dibintang tamui oleh Duta Baca Indonesia, Gol A Gong, seminar ini digelar pada hari Kamis (16/11/2023) pagi lalu di Gedung Ahmad Zainuri Unmuh Jember. Tak lupa dengan dua narasumber yang tak kalah ajaib, Mas Hamzah Setiawan, S.Kom., M.Kom. dan Prita HW, S.Sos.,CNLPBP, CDMP yang turut membuat acara menjadi informatif, inspiratif dan menyenangkan. Dengan tema acara “Empower Your Career: Making Your Path to Entrepreneurship and Career Freedom” Gedung Zainuri ‘dibombardir’ oleh kehadiran 250 mahasiswa di Gedung Zainuri dan sebanyak 134 peserta umum dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah & Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia via daring yang semuanya ikut aktif menyimak dan berdiskusi langsung bersama ketiga narasumber.

 

Dipandu langsung oleh Ibu Nuraini Kusumaningtyas, S.Psi., M.Psi. selaku moderator, gerakan acara ini berlangsung khidmat dan tertata. 

 

Mas Hamzah, dalam materinya yang menekankan mahasiswa untuk membentuk pembangunan karir yang cemerlang dengan personal branding, penanaman jejaring dan persiapan interview. 

 

“Jadilah mahasiswa-mahasiswa yang aktif dan cari pengalaman sebanyak mungkin” ungkap Sekretaris Asosiasi Pusat Karir Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APSKAR PTMA). 

 

Tak kalah saing, Knowledgepreneur-nya the Jannah Institute, Mbak Prita, membagikan pengalaman menulis yang menuntunnya untuk terus berproses hingga saat ini. Tidak hanya menulis, si momblogger ini juga menginspirasi mahasiswa untuk memiliki daya jual pada pengetahuan yang dimiliki. Aktivitas literasi yang sering diadakan oleh narasumber satu ini menjadi sorotan pemaparan pengalaman olehnya yang membuat mahasiswa semakin yakin untuk bisa mengembangkan diri dalam aspek membaca dan menulis. 

 

“Jangan pernah berhenti belajar, jaga rasa penasaran terhadap sesuatu,” tutup Prita HW pada akhir sesi materinya.

 

Setelah kedua narasumber menyampaikan materi, tibalah saatnya Gol A Gong sang Duta Baca Indonesia untuk tampil dan menyampaikan materi dengan diawali pembagian buku gratis untuk mahasiswa yang aktif bertanya dan berpartisipasi dalam sesi penyampaian pengalaman. 

 

Gol A Gong menyampaikan jutaan flashback ketika beliau masih menjadi penulis ulung dan bekerja di televisi. Berkat tekad yang kuat dan kisah yang menginspirasi untuk menjadi seorang penulis, Gol A Gong dinobatkan menjadi Duta Baca Indonesia pada tahun 2021 lalu.

 

“Menariknya lagi, saya bisa dapetin cewek, insinyur, gara-gara hobi baca,” cetus gurau Gol A Gong menghangatkan acara sembari memberi pandangan kepada mahasiswa bahwa dengan membaca mampu memberikan manfaat lebih pada kehidupan.

 

Selain itu, sebagai bentuk apresiasi dibagikan hadiah untuk 10 kelompok kreatif dan berjiwa wirausaha pemenang lomba Business Idea Competition yang diadakan pada Rabu (15/11/2023) lalu.

 

Seutas kata motivasi disampaikan oleh Mas Hamzah kepada peserta yang sekaligus menjadi konklusi acara.

 

“Janganlah mudah menyerah, sebuah tantangan hadapilah dengan senyuman karena tantangan adalah bagian dari pengalaman.” tutup Mas Hamzah sebagai konklusi acara.

Search