Previous Next

Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) Sabet Dua Penghargaan Bergengsi di KMI Expo 2023

     Unmuh Jember meraih prestasi gemilang di Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo 2023 yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek). Ajang prestisius ini berlangsung di Universitas Pendidikan Ganesha Bali, dari Selasa (14/11/2023) hingga Jumat (17/11/2023).

     KMI Expo XIV 2023 diikuti oleh 275 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, baik negeri maupun swasta, dengan jumlah stan mencapai 350 dan 674 produk terdaftar. Produk tersebut terdiri dari 440 produk utama dan 234 produk pendukung, yang dibagi dalam enam kategori bisnis, seperti bisnis digital, budidaya, makanan dan minuman, industri kreatif jasa dan perdagangan, manufaktur, dan teknologi terapan.

     Unmuh Jember meraih dua penghargaan penting, yaitu kategori pendamping terbaik dan juara 2 pada kategori industri kreatif, seni, budaya, dan pariwisata. Prestasi ini menandai pencapaian prestigius Unmuh Jember dalam KMI Expo, di mana universitas ini berhasil bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.

     Beberapa produk unggulan Unmuh Jember yang turut serta dalam KMI Expo antara lain Handicraft made of wood bamboo and rotan, dan Budidaya Ikan Gupy Kontes dan Partai sebagai produk utama. lalu produk pendamping yang diikutsertakan adalah Unyit Rempah Nusantara, dan Aridaka Project Digital.

     Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras mahasiswa Unmuh Jember antara lain, Ariyanto, Nadifatul Hasanah, Muhammad Rayhan Ramadhan Leonard, dan Fatwa Aulia Seriannuari, yang berasal dari Program Studi Manajemen dan Pendidikan Olahraga.

     Tim yang meraih juara 2 terdiri dari tiga mahasiswa semester 5 program studi manajemen, yaitu Akhmad Viqri Ramadhan, Nadifatul Hasanah, dan Nurfaizah, dengan produk unggulan berupa karya handicraft berbahan dasar kayu, bambu, dan rotan. Produk ini menciptakan tirai, tikar, dan plafon estetik dari limbah pabrik kayu, menunjukkan inovasi yang menggabungkan fungsi dan estetika dengan mencengangkan.

     Nadifatul Hasanah, salah satu anggota tim, mengungkapkan bahwa persiapan selama 2 minggu yang didampingi oleh Inkubator Wirausaha Unmuh Jember menjadi kunci kesuksesan mereka. "Kami menghabiskan sebagian besar waktu untuk mengkonsep dan menyiapkan dekorasi stand," ujarnya.

     Unmuh Jember juga meraih penghargaan pada kategori pendamping terbaik melalui Dra. Ec. Darwiyanti N, A.Md. selaku manajer Inkubator Wirausaha Unmuh Jember. Darwiyanti menyatakan kebanggaan dan rasa terharu atas penghargaan tersebut, mengingat proses persiapan KMI Expo 2023 yang memakan waktu hampir setahun.

     "Proses yang maksimal akan mendatangkan hasil yang maksimal pula," kata Darwiyanti, menekankan pentingnya dedikasi dan kerja keras. Beliau berharap prestasi ini menjadi motivasi bagi Unmuh Jember untuk meraih lebih banyak penghargaan di KMI Expo ke depannya.

     Dengan keyakinan bahwa proses yang optimal akan menghasilkan prestasi yang optimal, Darwiyanti berharap agar Unmuh Jember dapat memperoleh lebih banyak penghargaan di KMI Expo mendatang. "Semoga KMI berikutnya bisa lebih maksimal lagi sehingga dapat membawa pulang penghargaan yang lebih banyak," tambahnya.

Search