Previous Next

Pendidikan untuk Kemajuan: Unmuh Jember Gelar Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Sivitas Akademika Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2023, di Lapangan Basket Unmuh Jember pada Kamis (17/8/2023).

Upacara kali ini melibatkan seluruh elemen sivitas akademika Unmuh Jember, termasuk dosen, tenaga kependidikan, dan perwakilan mahasiswa dari organisasi kemahasiswaan. Selain itu, tim yang bertugas dalam upacara merupakan hasil kerja sama antara Hizbul Wathan Unmuh Jember dan Resimen Mahasiswa Unmuh Jember.

Dalam kesempatan ini, Rektor Unmuh Jember, Dr. Hanafi, M.Pd, menyampaikan pesan bahwa hingga saat ini bangsa Indonesia telah menikmati kemerdekaan dengan damai. Bangsa Indonesia telah menikmati perdamaian tanpa harus menghadapi perang dan merasakan keamanan tanpa perlu bersembunyi dari ancaman. Seperti yang dicontohkan oleh leluhur dengan cita-cita mendalam, "Toto Tentrem Kertorah Harjo" dan semboyan "Gemah Ripah Loh Jinawi".

Rektor juga mengajak elemen bangsa untuk bersatu dan meneruskan semangat perjuangan, seperti estafet olahraga yang merepresentasikan semangat harmoni, kolaborasi, dan kesatuan tujuan. Ini merupakan momentum untuk memberikan energi bagi bangsa Indonesia dalam perjalanan menuju kemajuan.

Untuk merayakan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada setiap tanggal 17 Agustus. Rektor menekankan bahwa kemajuan ilmu pengetahuan yang kita nikmati saat ini juga merupakan hasil perjuangan para pahlawan dan leluhur bangsa.

“Sebagai generasi penerus bangsa, kita diingatkan untuk mengambil pelajaran dan teladan dari perjuangan para pahlawan Indonesia. Mereka yang telah berkorban demi menjaga kehormatan dan keutuhan bangsa dan negara harus menjadi pedoman dalam kehidupan kita. Saat ini, kita menghadapi masa depan yang penuh tantangan, dan peran pemuda sangat penting dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut.” Ujarnya.

Selain itu, dirinya menyampaikan bahwa pendidikan memiliki peran kunci dalam membentuk pemuda yang memiliki potensi untuk berkontribusi melalui inovasi dan semangat juang, menjunjung tinggi persatuan, dan menjaga perdamaian dengan memelihara toleransi antaragama, antarsuku, dan antarbudaya.

“Semangat gotong-royong dan kerjasama bersama menjadi kunci dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan menghadapi persaingan global. Semangat kolektif, harmoni, kolaborasi, dan kesatuan tujuan akan membawa Indonesia menuju kemajuan yang diidamkan, "Bhinneka Tunggal Ika".” tegasnya.

Search