Previous Next

KKN & PkM Internasional, Mahasiswa & Dosen FKIP Unmuh Jember Lakukan Pengabdian di Malaysia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) telah mengirimkan empat mahasiswa dan satu dosen untuk berpartisipasi dalam program Kuliah Kerja Nyata Kemitraan Internasional (KKN KI) dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemitraan Internasional (PkM KI) di Malaysia. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (ALPTK PTMA), Konsorsium KKN Kemitraan Internasional PTMA, dan Atdikbud KBRI Malaysia, serta merupakan Angkatan ke-8 dari program ini.

Pelepasan kegiatan KKN KI Angkatan 8 di Unmuh Jember dilakukan pada hari Senin, 24 Juli 2023, oleh Dekan FKIP, Dr. Kukuh Munanadar, M.Kes., dengan perasaan bangga. Beliau menyatakan kegiatan KKN KI ini merupakan bagian dari Mahasiswa Berwawasan Kebangsaan dan Internasional (MBKM) di Universitas Muhammadiyah Jember dan merupakan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) PT. Selain itu, beliau berharap kegiatan ini akan menjadi wujud aktualisasi ilmu dan kemampuan mahasiswa dan dosen FKIP Unmuh Jember.

“Saya berharap ini akan menjadi aktualisasi dari ilmu dan kemampuan dosen dan mahasiswa FKIP Unmuh Jember” ungkapnya setelah melepas dosen dan mahasiswa KKN Internasional.

Para peserta KKN dan PkM Internasional berangkat ke Malaysia pada tanggal 26 Juli 2023 dan dijadwalkan akan menyelesaikan kegiatan pada tanggal 23 Agustus 2023. 

“Selama kurang lebih 28 hari, mahasiswa akan melakukan aktivitas KKN di  Sanggar Bimbingan (SB) Non Formal di Semenanjung Malaysia”, ujarnya.

Empat mahasiswa yang terpilih untuk mengajar di SB dan Indonesian Community Center (ICC) di Semenanjung Malaysia melalui seleksi internal oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unmuh Jember dan PTMA. Dua mahasiswa dari Prodi Pendidikan Matematika, Yahya Khamdani dan Naufal Husein Adikalan, akan mengajar di ICC Ladang Kosma, Pahang. Sementara itu, Umi Kulsum dari Prodi Pendidikan Biologi akan mengajar di SB Bukit Lancong, dan Anisa Dea Suryani, juga dari Prodi Pendidikan Biologi, akan mengajar di SB Subang Mewah. Dosen pelaksana PkM KI sekaligus DPL KKN KI, Yoga Dwi Windy Kusuma Ningtyas, akan bertugas di ICC Ladang Kosma.

Mahasiswa dan dosen yang terlibat dalam kegiatan ini memiliki misi untuk mengimplementasikan pengetahuan yang mereka peroleh di perkuliahan guna membantu menyelesaikan masalah di tempat tugas mereka dan memfasilitasi kebutuhan belajar anak-anak pekerja Indonesia di SB dan ICC. Selain itu, mereka juga belajar bagaimana berbaur dan beradaptasi di lingkungan multibudaya.

“Mahasiswa membawa misi untuk mengimplementasikan pengetahuan yang mereka peroleh di perkuliahan untuk membantu menyelesaikan masalah dimana mereka ditempatkan dan memfasilitasi kebutuhan belajar anak-anak pekerja Indonesia di SB dan ICC. Mahasiswa juga belajar bagaimana bermasyarakat di lingkungan multibudaya. ” ungkap Yoga Dwi Windy Kusuma Ningtyas  PkM KI.

Dalam kegiatan pengajaran, para mahasiswa FKIP khususnya fokus pada membantu anak-anak pekerja Indonesia di Malaysia dalam hal membaca, menulis, dan berhitung melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan. Mereka juga berupaya mengenalkan budaya dan keberagaman Indonesia kepada anak-anak tersebut serta menyampaikan nilai-nilai Islam melalui kegiatan mengaji.

Di sisi lain, dosen pelaksana PkM KI melakukan penanaman rasa cinta tanah air, pengenalan identitas negara, serta peningkatan kemampuan berliterasi dan berhitung pada anak-anak pekerja Indonesia di Malaysia. Tim pelaksana telah menyiapkan modul ajar literasi numerasi dengan tema Keberagaman Indonesia untuk mendukung kegiatan pengajaran tersebut.

“Mahasiswa FKIP khususnya memiliki program kerja utama untuk mendukung kemampuan mambaca, menulis, dan menghitung anak-anak pekerja Indonesia di Malaysia melalui kegiatan belajar yang menyenangkan. Anak-anak pekerja yang tergabung pada SB dan ICC di Semenanjung Malaysia ini berada pada rentang usia 4 -15 tahun. Program belajar KKN dikemas dalam bentuk permainan, dan penggunaan konteks-konteks kebudayaan dan keberagaman Indonesia. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan agar anak-anak pekerja Indonesia ini tetap mengenal budaya dan cinta akan tanah air. Selain itu, penanaman nilai-nilai Islam melalui kegiatan mengaji, menyampaikan hadits atau ayat-ayat al-Quran tentang pesan tidak boleh berputus asa, tolong menolong, dan cinta tanah air juga dilakukan”, imbuhnya.

Melalui kerja sama antara FKIP Unmuh Jember dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Malaysia, kegiatan ini telah berlangsung sejak tahun 2022, mencakup KKN mahasiswa, penelitian, dan PkM dosen. Hingga saat ini, para mahasiswa KKN KI dan dosen pelaksana PkM KI telah aktif melaksanakan kegiatan di beberapa SB dan ICC yang tersebar di wilayah Semenanjung Malaysia.

Diharapkan bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen FKIP Unmuh Jember membawa manfaat bagi anak-anak pekerja Indonesia di Malaysia dan memfasilitasi hak belajar yang sama seperti siswa-siswa Indonesia lainnya yang bersekolah di sekolah formal di Malaysia.

“Harapan kami, semua kegiatan baik yang dilakukan oleh mahasiswa KKN KI maupun dosen pelaksana PkM KI membawa manfaat bagi adik-adik dan memfasilitasi hak belajar yang sama seperti siswa-siswa Indonesia lainnya yang belajar di sekolah formal di Malaysia”, harapnya.

 

Search