LPPM Unmuh Jember Sukses Gelar Pelepasan KKN Internasional 2023

Senin, 24 Juli 2023, menjadi momen yang dinanti bagi enam mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember, karena mereka mengikuti acara pelepasan untuk KKN Internasional yang akan berlangsung di Malaysia. Pada hari Selasa, mereka akan berangkat menuju ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur, untuk menjalankan misi pengabdian masyarakat.

KKN Internasional yang diinisiasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unmuh Jember kali ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan.

Prodi mahasiswa peserta KKN ini beragam, mencakup Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Teknik Informatika, Agrobisnis, dan lainnya. Keberagaman prodi ini menandakan semangat kolaboratif dan interdisipliner dalam menjalankan misi pengabdian masyarakat di luar negeri.

Dalam acara pelepasan ini, LPPM Unmuh Jember berharap agar kegiatan KKN Internasional dapat meningkatkan rekognisi universitas dalam skala internasional. Wakil Rektor 1 bidang akademik Unmuh Jember DR, Emy Kholifah R, M,SI, menyampaikan apresiasi atas KKN Internasional yang merupakan salah satu bentuk pengabdian yang menjadi bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi.

Para peserta KKN Internasional antara lain Anisa Dea Suryani dari Pendidikan Biologi, Naufal Husein Adikalan dari Pendidikan Matematika, Danang Dwi Gusti Fajar Yanto dari Teknik Informatika, dari Umi Kulsum Pendidikan Biologi, Alfan Hidayad dari Agrobisnis, dan Yahya Khamdani dari Pendidikan Matematika.

Enam mahasiswa tersebut diharapkan dapat membuktikan bahwa mahasiswa Unmuh Jember pantas untuk melakukan pengabdian di luar negeri dan membawa nama baik almamater. Ilmu yang telah ditempuh selama perkuliahan diharapkan dapat memberikan solusi bagi berbagai masalah yang dihadapi masyarakat di lokasi tujuan.

Selain itu, ada rencana untuk menandatangani MoU tingkat LPPM atau universitas serta MoA untuk tiap program studi, guna meningkatkan kualitas dan dampak dari kegiatan KKN Internasional.

Dalam menghadapi pengalaman KKN di Malaysia, para mahasiswa didorong untuk menunjukkan kompetensi, memberikan solusi, dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Penting bagi mereka untuk menjaga nama baik almamater Unmuh Jember dan melaksanakan kegiatan KKN dengan serius dan sungguh.

Dekan Fakultas Teknik Dr, Nanang Saiful Rizal, M,T, juga memberikan pesan, bahwa target ke depan harus mencakup minimal empat kegiatan internasional untuk mencapai akreditasi unggul. 

Selain itu, Dekan FKIP Dr, Kukuh Munandar, M.Kes meminta mahasiswa untuk menyiapkan kurikulum merdeka sebagai persiapan agar dapat berkolaborasi dengan teman-teman di Malaysia.

Acara pelepasan ditutup dengan penyematan jaket sebagai simbolis penyerahan tugas dan tanggung jawab dari Wakil Rektor 1 kepada para mahasiswa.

 

Search