Previous Next

Pentingnya Kuliah di PPG untuk Sertifikasi dan Tunjangan Profesi Guru

     Sebanyak 901 calon mahasiswa pendidikan profesi guru pra jabatan, yang dikenal sebagai PPG, telah memulai pelaksanaan ujian substantif mereka selama empat hari, yaitu pada tanggal 5, 6, 7, dan 10 Juli 2023. Ujian ini dilaksanakan di Ruang Laboratorium Komputer Bahasa dan Informatika Universitas Muhammadiyah Jember.

     Program Pendidikan Profesi Guru di Universitas Muhammadiyah Jember terdiri dari dua jenis jabatan, yaitu Pra Jabatan dan Dalam Jabatan. Mahasiswa pra jabatan adalah lulusan Sarjana atau D4 yang ingin meraih gelar pendidikan profesi guru (Gr) dan proses pembelajarannya dilakukan secara offline. Sementara itu, mahasiswa dalam jabatan melanjutkan kuliah mereka secara online, karena mereka telah menjadi guru di tempat masing-masing.

     Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menugaskan delapan bidang keilmuan kepada PPG Universitas Muhammadiyah Jember, dengan kuota sebanyak 35 mahasiswa per kelas. Delapan bidang tersebut meliputi Bahasa Inggris, Biologi, Guru TK Paud, Bahasa Indonesia, Matematika, Agribisnis Tanaman, Agribisnis Pengelolaan Hasil Pertanian, dan Keperawatan, serta mendapatkan penugasan bidang studi Pekerjaan Sosial sejak tahun 2021.

     Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jember, Dr Kukuh Munandar MKes, dalam keterangannya, menyatakan bahwa kuliah di PPG diperlukan untuk mendapatkan sertifikat pendidik guru. Selain itu, menjadi seorang guru juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan Tunjangan Profesi Guru (TPG).

     "Dalam pelaksanaannya, saya berharap tidak ada kendala teknis yang menghambat, karena kita telah diberi kepercayaan oleh Kementerian. Oleh karena itu, kita harus berusaha semaksimal mungkin. Di Jawa Timur bagian timur (eks karisidenan besuki) Universitas Muhammadiyah Jember adalah satu-satunya yang dipercaya untuk melaksanakan ujian ini," ungkapnya.

     Kaprodi PPG Unmuh Jember, Dr Christine Wulandari S MPd mengungkapkan pada tahun 2022 PPG Unmuh Jember pada gelombang pertama menerima Sebanyak 63 mahasiswa terdiri dari Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, dan PAUD. Kemudian, untuk gelombang kedua bidang pendidikan Biologi dan Bahasa Inggris diberi amanah sebanyak 59 mahasiswa. Beliau juga berharap adanya peningkatan jumlah kuantitas mahasiswa yang diamanahkan kepada program studinya.

Search