Previous Next

Asyik dan Meriah, Ilmu Komunikasi Gelar Pekan Komunikasi 2023 di Jember Town Square

     Gelaran puncak acara Pekan Komunikasi 2023 yang meriah diadakan oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Unmuh Jember berlangsung di Jember Town Square (Jetos) pada Sabtu (17/6) malam.

 

     Acara ini merupakan bagian dari kegiatan tahunan mahasiswa yang tergabung dalam HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Komunikasi) Universitas Muhammadiyah Jember. Pekan Komunikasi diisi dengan pagelaran musik, tarian, dan atraksi budaya lainnya.

    Acara Pekan Komunikasi diselenggarakan setiap tahun oleh pengurus HIMAKOM dengan tema dan kegiatan yang berbeda-beda. Untuk tahun 2023, acara ini digelar oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam HIMAKOM periode 2023-2024.

    Acara Pekan Komunikasi tahun ini mengangkat tema "Express Your Culture With Communication In Digital Era". Terdapat tiga kategori lomba yang dilombakan, yaitu Lomba Foto Jurnalistik, Lomba Film Dokumenter/Film Pendek, dan Lomba Story Telling.

    Puluhan peserta dari SMA/SMK seTapal Kuda plus Lumajang ikut serta dalam ketiga kategori lomba tersebut. Prosesi penyerahan hadiah lomba dilakukan melalui panggung lalu ditutup dengan hiburan penampilan grup musik Indie Hamdani Haryoso yang telah merilis dua album.

    Acara yang diadakan di Jember Town Square tersebut juga menampilkan grup musik UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Universitas Muhammadiyah Jember, yaitu UKM Gudang Musik dan UKM Teater Oksigen (O2) yang menampilkan tarian dramatis.

    Rektor Unmuh Jember, Dr. Hanafi, M.Pd., memberikan apresiasi terhadap atraksi budaya yang kreatif dan inovatif yang ditampilkan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi. Beliau berharap agar mahasiswa terus meningkatkan kompetensinya dalam bidang komunikasi.

    “Mahasiswa Ilmu Komunikasi kalau saya lihat makin tahunnya makin melejit dan juga makin meriah, saya ingat kalau tidak salah gelaran pekan komunikasi tahun lalu di Lippo itu meriah dan ramai, begitu juga dengan malam ini, lebih meriah dan ramai lagi di Jember Town Square ini, saya harap sebagai rektor kegiatan seperti ini makin meningkat tiap tahunnya.” ungkapnya.

    Kaprodi Ilmu Komunikasi menjelaskan bahwa pada tahun sebelumnya, puncak acara Pekan Komunikasi diadakan di Lippo Mal. Selain lomba yang terkait dengan komunikasi, juga dilakukan pemutaran film pendek karya mahasiswa di gedung bioskop Lippo Mal.

    “Tahun kemarin pekan komunikasi diselenggarakan di Lippo Mal Jember, tidak hanya pekan komunikasi, mahasiswa proyek independent pun tahun kemarin juga menyelenggarakan screening atau nonton bersama film pendek karya mahasiswa ilmu komunikasi, alhamdulillah tahun ini mahasiswa mampu menyelenggarakan pekan komunikasi di Jember Town Square.” pungkasnya.

    Dekan Fisip Unmuh Jember, Dr. Juariyah, M.Si., menyatakan dukungannya terhadap kegiatan mahasiswa yang menghasilkan karya. Seluruh kegiatan Pekan Komunikasi, mulai dari perizinan, penyelenggaraan, hingga atraksi hiburan, ditangani oleh mahasiswa yang juga mempraktikkan mata kuliah Manajemen Event Organization (EO).

    “Saya selaku dekan mendukung penuh kegiatan positif mahasiswa, terutama ketika kegiatan itu menghasilkan dan mengapresiasi sebuah karya.” tegasnya.

    Pekan Komunikasi 2023 diharapkan dapat menjadi wadah bagi siswa-siswi SMA, SMK, dan MA seTapal Kuda untuk menunjukkan bakat mereka dalam fotografi, videografi, dan story telling. Acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Program Studi Ilmu Komunikasi di Unmuh Jember.

     “Harapan saya, sebagai selaku Ketua Panitia kegiatan ini mampu menjadi wadah bagi siswa-siswi SMA sederajat yang ada di daerah Tapal Kuda, semoga kedepannya pekan komunikasi makin meriah lagi, makin banyak pesertanya dan tentu program studi Ilmu Komunikasi Unmuh Jember makin dikenal masyarakat.” harap Miristica Wulan C, Ketua Panitia Pekan Komunikasi 2023.

    Pemenang lomba Pekan Komunikasi 2023 mendapatkan penghargaan berupa trophy, uang, sertifikat, dan bingkisan sebagai bentuk apresiasi atas karya-karya mereka.

Search