Previous Next

Spirit Idul Adha di Unmuh Jember, Meneladani Kepemimpinan Nabi Ibrahim

Langit yang mendung menghiasi pemandangan para jemaah salat Iduladha yang datang di Lapangan Universitas Muhammadiyah Jember pada pagi ini, Rabu (28/6/2023). Sebanyak 4.000 jemaah memenuhi lapangan Unmuh Jember, dengan Mochamad Alfan MEd, dosen FKIP Unmuh Jember, bertindak sebagai imam. Sementara itu, Dr Dhian Wahana Putra MPdI, Kepala Lembaga Pengembangan Al Islam Kemuhammadiyahan, menjadi khotib dan memberikan khotbah dengan tema "Merindu Kepemimpinan Nabi Ibrahim dalam Mendidik Khoiroh Ummah."

Dalam khutbahnya, Dhian mengutip ayat dari Surah An Nahl: 20 yang menyatakan bahwa Nabi Ibrahim adalah seorang imam yang patuh kepada Allah dan hanif. Beliau juga menekankan bahwa kepemimpinan Nabi Ibrahim bukan hanya ketika memimpin umat, tetapi juga sebagai ayah dan suami yang harus dijadikan teladan. Hal ini diperkuat oleh ayat dalam Surah Al-Mumtahanah: 4.

Dhian menyampaikan bahwa terdapat empat profil kepemimpinan Nabi Ibrahim yang harus dimiliki oleh para pemimpin zaman sekarang. Pertama, mereka harus selalu patuh kepada Allah, memiliki jiwa yang hanif, dan berpegang teguh pada tauhid. Kedua, mereka harus mampu mencetak kader dan menghasilkan generasi yang saleh. Ketiga, para pemimpin juga harus menerapkan syariat Islam secara menyeluruh, tidak hanya dalam hubungan dengan Allah, tetapi juga dalam hubungan antara sesama manusia. Terakhir, mereka harus memiliki sifat komunikatif, seperti yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim dalam mimpinya ketika ia berkomunikasi dengan anaknya mengenai perintah Allah untuk menyembelihnya.

Dhian menekankan bahwa semua sikap kepemimpinan Nabi Ibrahim tersebut harus diimplementasikan oleh pemimpin saat ini untuk menciptakan generasi Khaira Ummah yang memiliki karakteristik ilmu dan cinta terhadap profesi. Generasi Khaira Ummah ini memiliki lima ciri, yaitu beriman dan bertakwa kepada Allah, berakhlak mulia, cerdas dan berilmu, menegakkan yang makruf dan mencegah yang mungkar, serta bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu, dalam khutbahnya, Dhian juga mengajak umat Muslim yang merayakan Iduladha untuk mengaktualisasikan akhlak mereka terhadap lingkungan. Hal ini sejalan dengan surat edaran Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Muhammadiyah dan Surat Edaran Bupati Jember yang mendorong pemotongan hewan kurban sesuai dengan prinsip menjaga lingkungan untuk mewujudkan lingkungan ecogreen. Salah satu upaya yang disarankan adalah dengan tidak menggunakan plastik sebagai bungkus daging kurban, dengan slogan "Berkurban Asyik tanpa Plastik."Pada pelaksanaan salat Iduladha di Unmuh Jember, terkumpul infak sebesar 46 juta rupiah.

Rektor Unmuh Jember, Dr Hanafi MPd menjelaskan terdapat empat sapi yang terdiri dari satu sapi berasal dari bank mitra, yaitu Bank Syariat Indonesia (BSI) sementara tiga lainnya dari Unmuh Jember sendiri. 

"Tiap tahunnya kita memang melaksanakan penyembelihan hewan kurban untuk nantinya dibagikan kepada masyarakat." ungkpanya.

Hanafi menjelaskan, pendistribusian hewan kurban menggunakan kupon sebanyak 600 buah. Dengan penerima yayasan panti asuhan, anak yatim semua dosen dan karyawan serta masyarakat sekitar Unmuh Jember dan Rumah Sakit Unmuh Jember. 

"Namun, untuk tahun ini, kupon juga kita bagi untuk masyarakat di sekitar Rumah Sakit Unmuh Jember sana.", ungkapnya. Hal tersebut kita lakukan untuk menjaga jalinan persaudaraan kita dengan masyarakat sekitar.

Daging kurban yang dibagikan per kantongnya dengan berat 600 gram. "Itu belum kita tambahi tulangan juga." Ungkap Silman Farizi ST, salah satu panitia kurban. 

Sementara untuk jagalnya, Silman menjelaskan berasal dari Tapak Suci Jember yang sebelumnya telah melakukan pelatihan. "Dikomandoi oleh Pak Yuyun, para jagal telah melakukan pelatihan JULEHA (Juru Sembelih Halal) yang dilaksanakan oleh Lembaga Pemeriksaan Halal & Kajian Halalan Tayyiban (LPHKHT) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jember." Terangnya.

Dengan semangat kepemimpinan Nabi Ibrahim, umat Muslim di Unmuh Jember merayakan Iduladha dengan khidmat dan mengedepankan nilai-nilai agama serta lingkungan.

Search