Previous Next

Tim MTF dari Teknik Sipil Unmuh Jember Menangkan Lomba Kuat Tekan Beton Mutu Tepat dengan Inovasi Ramah Lingkungan

     Kejutan menghampiri dunia kompetisi teknik sipil di tingkat nasional saat Tim MTF dari program studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Jember di Institut Teknologi Nasional (ITN) berhasil meraih gelar juara pertama dalam Lomba Kuat Tekan Beton Mutu Tepat, pekan lalu (26/5)

     Lomba tersebut merupakan kompetisi nasional dalam menguji kekuatan beton dengan kuat tekan rencana sebesar 35MPa. Tema yang diusung dalam lomba ini adalah ramah lingkungan dengan memanfaatkan limbah sebagai pengganti sebagian semen pada beton. Tahapan perlombaan melibatkan penyisihan dimana MTF-TEAM harus menyusun proposal yang menjelaskan konsep inovasi. Mereka juga melakukan uji coba campuran beton seperti waktu pengadukan dan metode pengecoran. Setelah berbagai variasi dicoba, MTF-TEAM berhasil menemukan campuran 10% ASP + 2,5% CK yang mendekati kuat tekan yang direncanakan.

     Pada tahap final, MTF-TEAM membuat benda uji berdiameter 10 cm dan tinggi 20 cm yang kemudian diuji di laboratorium ITN Malang dengan disaksikan oleh para juri.Perlombaan ini diadakan di Institut Teknologi Nasional, Malang. MTF-TEAM terdiri dari tiga mahasiswa dari program studi teknik sipil, yaitu Niken Indriyani, Iqbal Wahyudin, dan Frendo Alvero Putra.

     Test terakhir terkait proyek yang dikerjakan dilakukan pada tanggal 24 Mei 2023, dan pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 26 Mei 2023. Penilaian dalam lomba meliputi inovasi, metode yang digunakan, anggaran dana, presentasi, dan kekuatan beton.

     Taufan Abadi ST MT, Kepala Program Studi Teknik Sipil, menyambut baik kompetisi ini dan menyatakan dukungannya terhadap prodi tersebut. Beliau mengingatkan bahwa dua tahun yang lalu prodi ini juga berhasil meraih juara dalam kompetisi serupa. Taufan terus mendorong para mahasiswa untuk aktif dalam praktek sebagai bagian dari implementasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), yang mendorong inovasi dan kreativitas.

     Dr. Muhtar ST MT, pembimbing MTF-TEAM, menyatakan bahwa ketiga mahasiswa tersebut telah aktif dalam praktikum sejak perkuliahan. Oleh karena itu, ia merasa mereka pantas untuk berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

 

Search