Unmuh Jember Raih Kembali Kesempatan Kuliah Internasional

     Kali kedua, Universitas Muhammadiyah Jember mendapatkan hibah International Credit Transfer (ICT) 2022 dari Kemendikbud Dikti yang merupakan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Tahun ini sebanyak enam mahasiswa menerima hibah ICT 2022 ke Asia University. Nantinya mata kuliah yang diambil akan dikonversikan ke dalam mata kuliah di Unmuh Jember. Perkuliahan dilakukan sejak September 2022 sampai dengan Januari 2023 mendatang secara daring.

     Emy Kholifah R MSi, Wakil Rektor I bidang Akademik berujar bahwa melalui program ini mahasiswa bisa merasakan atmosfer belajar di luar kampus dalam hal ini di luar negeri. Program ICT merupakan pancingan atau dorongan kepada kepada kami untuk melakukan aktivitas pengembangan untuk program studi. "Bercermin kepada ICT, secara mandiri Unmuh Jember akan terus meneruskan program internasionalisasi dengan memanfaatkan MoU dengan mitra luar negeri yang sudah terjalin.   

     Sebelumnya, mahasiswa yang menerima hibah menyiapkan meliputi TOEFL test, CV, learning agreement serta kartu hasil studi. Sementara Unmuh Jember melakukan pendampingan dalam memberikan informasi terkait program, membuka sharing session untuk membantu persiapan mahasiswa dibantu oleh Fakultas dan Prodi masing-masing.

     Dalam acara Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan secara daring, Sasikirani Trufi Wardhani, salah satu mahasiswa mengungkapkan terdapat kekhawatiran dalam hal Bahasa. Karena di Taiwan Bahasa Inggrisnya memakai logat Mandarin jadi terkadang kurang dipahami, ungkap mahasiswi asal Prodi Psikologi tersebut. Bahkan tak jarang, dosen menggunakan Bahasa Mandarin. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Sasi mengaku kerap mengulang kata atau kalimat dalam Bahasa Mandarin yang tidak ia pahami menggunakan Google Lens. "Setiap pertemuan saya record Zoomnya, biasanya saya mengulangi bagian yang tidak saya pahami."  

     Sementara Ando Mangkuluhur mengaku dengan keikutsertaan ia di program ICT membuatnya bisa meningkatkan kualitas belajar untuk membangun relasi dan menambah pengetahuan. Jadi kita terdorong untuk meningkatkan pengalaman, perluasan dan penguatan jejaring, serta pemahaman yang lebih baik mengenai sosial budaya bangsa asing melalui interaksi dengan mahasiswa dan masyarakat di luar negeri.

     Terakhir, mereka berpesan kepada adik tingkat di Unmuh Jember agar memaksimalkan potensi yang dimiliki. Karena semua mahasiswa mempunyai kesempatan yang sama gar bisa belajar dan bersaing dalam lingkup internasional. “Jangan malu dan terus mencoba.” ungkap Nando melalui Zoom. Dengan bertambahnya teman akan mendapatkan perspektif baru mengenai psikologi, cultural, dan sosial.

     Keenam mahasiswa penerima hibah ICT 2022 adalah Ando Mangkuluhur dari Prodi S1 Keperawatan, Akbar Maulana Ibrahim dari Prodi S1 Keperawatan, Nanik Firdaussyah dari Prodi Manajemen, Diah Ayu Lestari dari Prodi Manajemen, Regina Elsie Meirella dari Prodi Psikologi, dan Sasikirani Trufi Wardhani dari Prodi Psikologi.

Search