Tingkatkan Kualitas Pengelola Jurnal, Unmuh Jember Gelar Workshop Pengelola Jurnal Berbasis OJS 3

Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) melalui Bidang Rekognisi LPPM Unmuh Jember Bekerja sama dengan UPT Pengelolaan dan Pengadaan Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat telah menyelenggarakan Workshop Penerbitan Jurnal Ilmiah Berbasis OJS 3 untuk pengelolaan jurnal-jurnal ilmiah di Unmuh Jember pada Selasa dan Rabu, (29/11/2022-30/11/2022).

Workshop ini diselenggarakan di Ruang Rapat Lantai 2 Unmuh Jember. Workshop Open Journal System (OJS) membahas migrasi jurnal dari Open Journal System (OJS) versi 2 saat ini ke versi 3 di lingkungan Unmuh Jember.

Kegiatan Workshop OJS ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas pengelola Jurnal di Lingkungan Unmuh Jember.  Kegiatan ini dihadiri oleh 33 (tiga puluh tiga) Pengelola jurnal yang ada di Unmuh Jember.

Menurut Dr. Fauziyah, S,H, M,H, selaku Kepala UPT Pengelolaan dan Pengadaan Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, beliau menyampaikan pentingnya pemahaman Pengelola jurnal dalam melakukan peningkatan kualitas manajemen pengelolaan dan substansi naskah. Selain itu, bealiu mengajak para pengelola jurnal memahami dan mempersiapkan diri untuk migrasi dari Open Journal System (OJS) versi 2 saat ini ke versi 3 sebagai salah satu syarat dalam pengajuan akreditasi jurnal ilmiah dan tuntutan perkembangan zaman dan teknologi.

Kegiatan Workshop OJS ini pengelola jurnal mempraktikkan secara langsung terkait migrasi versi OJS 2 ke versi OJS 3 yang didampingi langsung oleh narasumber, yaitu Abdu Jalil, S.P., M.P. Dirinya berpendapat secara sistem OJS 3 lebih praktis dari OJS 2 yang dipakai saat ini. Pihak OJS 3 menekankan bahwa mereka kini lebih responsif dan memiliki konsep feedback. 

"Feedback ini maksudnya, ngobrol dengan author ini jadi lebih fleksibel, bahkan kita bisa berkomunikasi langsung antar peran dalam satu grup di OJS,” ungkap Abdul Jalil, Dosen Faperta Unmuh Jember.

Pada akhir kegiatan rangkuman permasalahan yang kita himpun dari masing-masing pengelola jurnal diantaranya adalah masalah teknis.  Workshop OJS ini ditutup dengan menyepakati masing-masing pengelola jurnal untuk membuat daftar permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan jurnal di prodi masing- masing. 

UPT Pengelolaan dan Pengadaan Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat akan selalu siap mendampingi serta memberikan solusi untuk seluruh permasalahan pengelolaan jurnal di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jember dengan harapan dapat memperlancar pengelolaan jurnal di lingkungan Unmuh Jember.

Search