Dua Mahasiwa FKIP Unmuh Jember Sabet Prestasi di AILEC 2022

Dua mahasiswi Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) Gitta Rowindi dan  Andita Takbir Samsulily peroleh prestasi pada ajang Annual Innovative Learning and Education Competition (AILEC) pada Selasa (05/07/2022) secara daring.

Gitta Rowindi peroleh prestasi juara tiga pada lomba Inovasi Materi Pembelajaran, dan Andita Takbir Samsulilly peroleh prestasi harapan tiga pada lomba Inovasi Teknologi Pendidikan. Kedua mahasiswi ini mengikuti runtutan kegiatan lomba tersebut sejak bulan maret yang lalu.

Gitta Rowindi menjelaskan bahwa dirinya memanfaatkan media pembelajaran berbasis video animasi doratoon pada materi penyajian data SMP untuk dikompetisikan pada ajang AILEC. Selain itu, Andita Takbir juga menjalaskan bahwa dirinya membuat aplikasi yang mampu untuk melakukan pendampingan dan pembinaan belajar khusus untuk matematika.

Tentunya sebelum berkompetisi pada AILEC, kedua mahasiswi ini menjelaskan bahwa mereka melakukan persiapan untuk pendaftaran dengan membuat makalah terkait ide-ide solutif untuk pembelajaran matematika yang akan mereka bawakan pada AILEC.

“Saya mempersiapkan dengan membuat makalah tentang apa yang saya ikutkan yaitu tentang pemanfaatan media pembelajaran berbasis video animasi doratoon pada materi penyajian data SMP.” ujar Gitta Rowindi.

Uniknya, kedua mahasiswi ini mengikuti lomba ini disaat mereka sedang ditengah sibuknya mengerjakan tugas akhir. Namun ditengah sibuknya mengerjakan tugas akhir kedua mahasiswi ini merasa beruntung karena sudah diberi kesempatan untuk berkompetisi pada AILEC.

“Jujur saja proses kita ikut lomba ini juga sambil mengerjakan skripsi, tapi alhamdulillah bisa selesai, tentu senang diberi kesempatan oleh kaprodi kami untuk ikut-ikut lomba seperti ini dan difasilitasi juga.” ungkap Andita Takbir Samsulily.

Mengikuti lomba tersebut, Andita Takbir menyadari bahwa perkembangan teknologi saat ini sedang maju dengan pesat dan dirinya berharap Unmuh Jember secara kelembagaan dapat memfasilitasi secara lebih pada ranah teknologi dan digitalisasi.

 

“Dari lomba tersebut kita berkaca bahwa perkembangan teknologi saat ini sedang masif ya, sehingga harapannya kedepan Unmuh Jember secara kelembagaan gitu bisa memfasilitasi secara lebih ke ranah-ranah teknologi dan digitalisasi, sehingga bisa menjadi modal dan bekal mahasiswa setelah lulus nanti.” harapnya.

Search