Menerapkan MBKM, Prodi Ekonomi Syariah Jalin Kerjasama dengan UD Mitra Jamur Indonesia

     Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) menjallin Kerjasama dengan beberapa UMKM yang berada di Kabupaten Jember, seperti salah satunya adalah menjalin Kerjasama dengan UD Mitra Jamur Indonesia yang dilaksanakan pada Senin (6/6/2022).

Penadantanganan Kerjasama ini dilakukan sebagai salah satu tindak andil Prodi Ekonomi Syariah dalam mengimplementasikan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang tidak terasa sudah terhitung sekitar dua tahun semenjak diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 24 Januari 2020 silam.

Kerjasama yang melibatkan UMKM yang bergerak dibidang budidaya dan pengolahan berbagai produk berbahan dasar jamur ini meliputi bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan secara langsung oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Ekonomi Syariah yaitu Miftahul Hasanah, M,E,I dengan pemilik sekaligus pembina UD Mitra Jamur Indonesia yaitu Moh Arif Ismail S.

Wujud dari kerjasama yang dijalin tersebut merupakan kegiatan magang yang merupakan salah satu BKP MBKM bagi mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah. Kegiatan magang ini akan dilaksanakan kurang lebih selama satu bulan kedepan yang berlokasi di UD Mitra Jamur Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Dalam kegiatan magang tersebut, nantinya mahasiswa akan diajarkan tentang produksi olahan jamur, manajemen UMKM, dan digital marketing.

Selain itu, dalam sambutannya Miftahul Hasanah menyampaikan bahwa kegiatan BKP MBKM yang salah satunya adalah magang ini memberikan penekanan kepada mahasiswa untuk belajar secara langsung dilapangan.

“Kegiatan magang BKP MBKM ini merupakan wujud dari implementasi Kurikulum MBKM, yang memberikan penekanan kepada mahasiswa untuk belajar secara langsung dilapangan tentang manajemen pengelolaan UMKM”. Dengan kegiatan ini diharapkan para mahasiswa mendapatkan pengalaman yang berharga dan mampu memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM.” ujarnya.

Moh Arif Ismail S juga menyampaikan rasa terimakasih dan berharap bahwa mahasiswa dapat membantu UD Mitra Jamur untuk menata dan mengembangkan UMKM yang sudah ada tersebut.

“Kami senang dan berterimakasih dengan adanya jalinan Kerjasama ini, karena dengan adanya Kerjasama ini kami berharap adek-adek mahasiswa dapat membantu kami dalam menata dan mengembangkan UMKM yang ada ini. Mahasiswa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, sehingga dengan demikian kita dapat saling memberikan manfaat”. harapnya.

Search