Menyiapkan Tantangan Lapangan Pekerjaan, Prodi Agribisnis Gelar Workshop Kewirausahaan

 

 Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) gelar acara Workshop Kewirausahaan Business Model Canvas, pada Jumat (27/05/2022) bertempat di Fakultas Pertanian Unmuh Jember.

Workshop ini menghadirkan Helmi Zamrudiansyah sebagai pemateri, Helmi merupakan pelaku bisnis produsen makanan sekaligus pemilik CV Macarindo Berkah Group yang sempat viral pada beberapa tahun yang lalu, dengan produk Makarina miliknya.

Kegiatan workshop ini disusul dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Program Studi Agribisnis dengan CV Macarindo Berkah Group, untuk merealisasikan salah satu dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yaitu kegiatan magang.

Kegiatan yang dihadiri oleh 46 mahasiswa Program Studi Agribisnis ini merupakan sebuah strategi dari Program Studi Agribisnis untuk membentuk lulusan yang diharapkan dapat membentuk lapangan kerja untuk masyarakat sekitar.

Tentunya Helmi sebagai pemateri sebelum menjelaskan tentang Business Model Canvas, dirinya berbagi pengalaman secara singkat tentang perjuangan jerih payah usahanya memulai untuk berwirausaha sehingga mencapai pada titik dirinya dikenal banyak orang sebagai pencetus produk Makarina.

Helmi pun menekankan kepada mahasiswa bahwa ketika ingin memulai usaha dengan Business Model Canvas, selain memiliki tekad dan motivasi, pelaku bisnis harus menggunakan strategi untuk membaca pasar hingga bermitra dengan penyedia bahan mentah.

Setelah sekitar 2 jam Helmi berbagi pengalaman serta ilmu kepada mahasiswa, dirinya sebelum pamit juga menekankan kepada mahasiswa bahwa pentingnya memulai bisnis itu bukan karena ambisi yang besar, melainkan rasa bersyukur serta niat untuk menolong orang lain dengan menciptakan lapangan pekerjaan.

“Penting sekali untuk memulai bisnis itu membiasakan rasa bersyukur, pengalaman saya ketika memulai bisnis dengan niat dan mengedepankan ambisi sehingga saya berada di titik menyakinkan rejeki orang lain, yang ada malah bangkrut, nah jadi disini penting rasa bersyukur serta niat berbisnis untuk membantu orang, InsyaAllah jalannya bakal ada.” ujarnya.

Selain itu, Fefi Nurdiana Widjayanti S.P, M.P, yang merupakan Kepala Program Studi Agribisnis Unmuh Jember menjelaskan bahwa, kegiatan ini juga bertujuan untuk menggali potensi mahasiswa serta menyiapkan kegiatan Pameran Kewirausahaan yang akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang.

“Diharapkan teman-teman mahasiswa nanti ketika lulus bukan sekedar paham teori saja, tetapi kalian juga punya skill, untuk yang akan datang diharapkan teman teman bisa membuat produk yang akan dipamerkan pada sekitar bulan Juli atau seminggu sebelum Ujian Akhir Semester” harapnya.

 

Ketua Program Studi Agribisnis Unmuh tersebut juga menekankan bahwa mahasiswa jangan hanya menjadi Job Seeker, namun bisa menjadi Job Maker ketika sudah lulus nanti.

Search