Unmuh Jember Tingkatkan Peran di Bidang Kesehatan dengan Cetak Lulusan Terbaik Ners

     Senyum merekah terpancar dari wajah 43 mahasiswa Program Studi Profesi Ners dan 4 mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember. Tahun ini, pelaksanaan Angkat Sumpah dan Pelantikan Ners dan Ahli Madya Keperawatan Tahun Akademk 2021-2022 bisa digelar dengan mendatangkan pendamping secara luring di Gedung Serbaguna Ahmad Zainuri Unmuh Jember, Sabtu, (21/5/2022).

     Dihadiri oleh Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Jawa Timur, Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kabupaten Jember serta institusi kesehatan Kabupaten Jember yang telah menjalin kerja sama dengan Fikes Unmuh Jember, indeks kelulusan uji kompetensi keperawatan tahun ini mencapai 100%.

     Dijelaskan pula oleh Rektor Unmuh Jember Dr Hanafi MPd, Unmuh Jember akan terus berperan di bidang kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Salah satu bukti yaitu dengan didirikannya Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Jember yang insha  Allah akan mulai beroperasi akhir Agustus 2022 mendatang”.

     Amanah dan tanggung jawab setelah dilakukan pelantikan dan angkat sumpah harus terus dijaa untuk berkiprah di masyarakat, pesan Hanafi. Tak hanya itu, penerapan kode etik keperawatan juga harus siap diabdikan karena profesi ini dituntut untuk menjunjukkan kiprahnya melayani masyarakat secara umum tanpa membeda-bedakan.

     Sementara Dekan Fikes Unmuh Jember Ns Sasmiyanto Skep MKes berujar bahwa perjalanan Fikes Unmuh Jember dalam mencetak lulusan perawat terbaik selama ini setelah melewati perjalanan yang panjang.

     Bermula dari diresmikannya Akademi Keperawatan Unmuh Jember pada 4 November 1993 silam, kemudian berkembang dengan melebarkan sayap membuka Program Studi S-1 Keperawatan yang disahkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada 4 September 2006. “Sehingga diganti namanya menjadi Fakultas llmu Kesehatan.” Berlanjut pada 11 November 2011 terbit SK izin penyelenggaraan untuk Program Studi Profesi Ners.

     Selama perjalanan tersebut, mutu dan kualitas selalu mengalami upgrade terutama dalam bidang Sumber Daya Manusia. Saat ini kami sudah memiliki dua dosen doctoral yang telah kembali dari studinya serta ada beberapa lainnya yang masih menempuh studi, jelas Sasmiyanto.

     Bidang kerja sama menjadi fokus selanjutnya dalam meningkatkan mutu dan kualitas Fikes Unmuh Jember. Sampai saat ini, sudah terjalin kerja sama baik di dalam maupun luar negeri, “Kami sudah menjalin kerja sama kurang lebih dengan 5 negara sampai saat ini.”

     Kerja sama menjadi bagian penting karena untuk menjadi wadah bagi para lulusan dari Fikes Unmuh Jember. Sasmiyanto juga berharap sinegritas dari PPNI dan asosiasi kesehatan akan terus terjalin.

Search