Titik Tekan Karya Tulis Ilmiah pada Ajang Kompetisi Mahasiswa Berprestasi 2022.

     Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Muhammadiyah Jember tahun 2022 telah digelar selama tiga hari pada hari Selasa, Rabu dan Sabtu, 17,18, 21 Mei 2022.

     Pemilihan Mahasiswa Berprestasi dihadiri lima juri dan diikuti oleh 20 mahasiswa dari tiap Program Studi Universitas Muhammadiyah Jember. Adapaun Juri akan menilai beberapa aspek peserta mahasiswa berprestasi meliputi bahasa asing, kepribadian, dan riwayat prestasi mahasiswa dalam mengikuti research dosen dan jurnal ilmiah yang bereputasi.

     Mengangkat Tema Pembangunan yang Berkelanjutan, dalam babak penyisihan para mahasiswa diwajibkan membuat sebuah karya ilmiah dan mempresentasikan hasil penelitian dan implementasinya kepada juri, kemudian karya ilmiah para pemenang akan diajukan ke LLDIKTI.
Rektor Unmuh Jember Dr Hanafi MPd memaparkan bahwa peserta harus belajar dari banyak karya tulis. Karena mahasiswa akan selalu dinilai oleh pihak lain, sehingga harapannya mahasiswa dapat menikmati prosesnya dan karya tulis peserta Pilmapres diharapkan terus diulas dengan ranah konkrit, tidak hanya sebuah karya tulis.

     Menurut Ir Iskandar Umarie MP, bidang ilmu yang dipaparkan oleh mahasiswa harus mengandung solusi sesuai dengan ide yang mahasiswa sampaikan, kemudian judul dan isi harus sesuai dan dibahas dengan tuntas.

     "Karya ilmiah harus fokus terhadap permasalahan, penyajian dan harus sejajar dengan bidang keilmuan mahasiswa. Termasuk researchnya harus jelas dan bukan dari tulisan orang lain." jelasnya.

     Sementara dari Juri Bahasa Asing Muhlisin Rasuki MPd MAEdD meminta kepada seluruh mahasiswa untuk lebih mengolah kembali komunikasi Bahasa Inggris. Karena menurutnya, komunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris menjadi salah satu hal penting untuk berkompetisi dalam ajang nasional selain penulisan karya tulis.

     Dipenghujung acara, Grand Final Pilmapres diraih oleh Ananda Sevtina Soewandi dari Program Studi Pendidikan Matematika selaku Juara Pertama dengan judul penelitian “Kartu Domino “DOMATH” Sebagai Media Pembelajaran Logaritma Inovatif dan Menyenangkan Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas”, kemudian disusul juara kedua Asiva Salma dari Program Studi Psikologi dengan judul penelitian “Expressive Writing Program as an Effort to Prevent Juvenile Delinquency Through the Use of Literacy in High School” dan juara ketiga diraih oleh Tryo Beryllian Nugraha dari Program Studi Teknik Sipil dengan judul penelitian “Penginput Otomatis Dynamic Cone Penetrometer Test pada Test Dynamic Cone Penetration”.

Search