Tim Korps Relawan Unmuh Jember Upgrading Revitalisasi Siaga Bencana

     Kegiatan pengabdian masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang diketuai oleh Ns Cipto Susilo SPd MKep menggelar upgrade keilmuan kebencanaan pada Korps Sukarelawan (KSR) Universitas Muhammadiyah Jember.

     Diketuai oleh Ns Cipto Susilo SPd MKep, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membantu memecahkan permasalahan terkait dengan kesiapan masyarakat menghadapi bencana.

     “Mengingat Kabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi bencana lebih besar dibandingkan kabupaten lain kalua dilihat secara demografi.” jelasnya.

     Menurut Cipto, kondisi tersebutlah yang membutuhkan keterlibatan dan kerja sama semua pihak baik masyarakat maupun para akademisi. Kegiatan diawali dengan cek Kesehatan para peserta yang kemudian dilanjutkan dengan diklat ruang, Sabtu-Ahad, (18-19/12/2021).

     Sebagai kelanjutan kegiatan diklat ruang, untuk melatih kemampuan dasar dalam penanganan bencana dilakukan diklat lapang di area Perhutani Desa Garahan, Kabupaten Jember selama dua hari, Sabtu-Ahad, (25-26/12/2021). Cipto berharap, output dari kegiatan ini Korps Relawan Unmuh Jember mampu melakukan evakuasi dan siaga terhadap bencana yang terjadi.

     “Sehingga mereka menjadi tenaga atau fasilitator yang dapat melaksanakan pendampingan atau edukasi masyarakat.” Turut hadir pula Ns Komarudin MKep SpKepJ yang membantu memberikan edukasi tentang penguatan psikologis relawan serta Ns Awatiful Azza MKep SpKepMat yang memberikan edukasi penolongan korban bencana pada ibu hamil.

     Selama ini, kurangnya edukasi dan pemahaman tentang kebencanaan masih kerap dihadapi oleh anggota KSR. “Sehingga Tim PKM memberikan upgrade keilmuan tentang kebencanaan melalui praktek langsung.” ujar Cipto, Ketua PKM. Lebih jauh lagi, Cipto berharap, keberadaan KSR tidak hanya pada saat kebencanaan saja tetapi bisa menjadi pioneer dengan meningkatkan keterlibatannya dalam mengedukasi masyarakat tentang perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan bersih.

Search