Fakultas Ilmu Kesehatan Berkolaborasi Dengan Fakultas Pertanian Dalam Program Gemas (Gerakan Makan Sayur) Untuk Ibu Hamil

     Program Gemas (gerakan makan sayur) untuk ibu hamil merupakan program yang digagas oleh Tim Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) dari Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keikutsertaan ibu hamil serta keluarganya dalam memenuhi kebutuhan gizi harian yang selalu menyediakan menu sayur dalam keluarga. 

     Jember sebagai kota yang unggul dalam sektor pertanian menjadi faktor yang sangat potensial untuk mendukung program ini. Hasil pertanian yang melimpah tentunya menjadikan bahan dasar sayur lebih murah dan mudah diperoleh, sehingga ibu dan keluarga dapat membuat olahan makanan berbahan dasar sayur dengan biaya yang sangat terjangkau.

     Namun demikian budaya mengkonsumsi sayur belum menjadi kebiasaan bagi masyarakat, terutama pada keluarga modern. Mudahnya mendapatkan makanan cepat saji, membuat Sebagian besar masyarakat lebih memilih menu yang mudah didapat dan mempunyai cita rasa yang enak serta mudah diolah, yang tentunya kandungan gizi dari makanan siap saji tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan keluarganya.

     Data tentang status gizi masyarakat Indonesia menyatakan masih banyak penduduk yang tidak cukup mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Data menyebutkan sebanyak 93,5% penduduk usia > 10 tahun mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan di bawah anjuran. Padahal, dengan mengkonsumsi buah dan sayur merupakan bagian penting dalam mewujudkan Gizi Seimbang.

     Ns. Awatiful Azza, M.Kep, Sp.Kep. Mat. selaku Ketua Tim PKMS ini mengungkapkan untuk membuat masyarakat tertarik dengan Program Gemas ini, tim perlu melakukan pendekatan yang intens serta inovasi-inovasi kegiatan agar masyarakat secara sadar tertarik dan dapat merubah perilaku dalam memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Salah satu program yang dilakukan adalah melalui lomba olahan sayur sehat untuk ibu hamil. Kegiatan ini dilakukan di Posyandu Rambutan 55 Dusun Tenggiling Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember pada tanggal 12 Maret 2022 yang diikuti oleh 33 ibu-ibu yang tergabung menjadi 11 kelompok. Kegiatan lomba olahan sayur sehat ini didampingi oleh anggota Tim PKMS Danu Indra Wardhana, S.TP., M.P.

     Penyelenggaraan kegiatan ini mampu meningkatkan antusiasme ibu-ibu dalam menginovasikan makanan olahan sayur. Selain itu, sebelum dilakukan penilaian lomba peserta diminta menyampaikan nama olahan makanan, kandungan gizi dan manfaat masing-masing gizi yang terkandung dalam olahan sayur. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca literatur, meningkatkan pengetahuan masyarakat dan pemahaman tentang pentingnya mengkonsumsi sayur. Pada pelaksanaan lomba ini Tim PKMS juga melibatkan mahasiswa program studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan semester 4 sebagai bentuk pembelajaran langsung di tengah masyarakat terutama pada Mata Kuliah Keperawatan Maternitas. Selain itu kehadiran Bidan Wilayah dan Ibu Kepala Desa Kemiri pada saat lomba dapat memberi semangat ibu-ibu selama mengikuti kegiatan lomba. Semoga program stimulus yang sudah dilakukan oleh team dari UM Jember ini dapat meningkatkan motivasi masyarakat untuk selalu memperhatikan gizi seimbang pada keluarganya

 

Search