Siaran di RRI Jember, Rektor Unmuh Jember Bahas Peran Perguruan Tinggi Terhadap Kelestarian dan Mitigasi Bencana

Rektor Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) Dr Hanafi MPd, diundang dalam siaran Radio Republik Indonesia (RRI) Kabupaten Jember, membahas peran dan kepedulian Perguruan Tinggi terhadap kelestarian dan mitigasi bencana, pada Selasa (8/9/2022).

Siaran kali ini spesial karena baru pertama kali dalam sejarah RRI Jember melakukan siaran langsung dengan empat narasumber sekaligus. Selain Rektor Unmuh Jember, juga diundang narasumber yang kompeten yaitu Ir Sasmito Hadi Msi Ketua Forum Daerah Aliran Sungai Jawa Timur, Eko Gathut Sekretaris Forum Daerah Aliran Sungai Jawa Timur, dan Dr Ir Bambang Hermiyanto MP yang merupakan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Dalam siaran ini mengangkat berbagai macam pembahasan, mulai dari problematika penanganan kelestarian dan mitigasi bencana di Jawa Timur hingga membahas peran Perguruan Tinggi dalam penanganan kelestarian dan mitigasi bencana yang ada di Jawa Timur.

Ketua Sekretaris Forum Daerah Aliran Sungai Jawa Timur menyampaikan bahwa ketika terjadi bencana banjir yang sering dianggap masalah utama adalah tingkat curah hujan. Menurutnya, selain curah hujan fakta dilapangan juga mengatakan yang menjadi faktor terjadi banjir adalah perilaku manusia terhadap alam terutama sungai.

“Seringkali ketika terjadi bencana banjir yang divonis adalah curah hujan, padahal kami sering sekali ke lapangan baik itu hutan, wilayah masyarakat, perkebunan dan sebagainya, nah pada aliran sungai kita sendiri sudah terjadi banyak pendangkalan, banyak bangunan-bangunan liar di bantaran sungai, dan juga bagaimana budaya masyarakat kita membuang sampah dan sebagainya, nah ini semua tentu menjadi faktor terjadinya banjir” ungkapnya.

Sementara Dr Hanafi menjelaskan peran Unmuh Jember dalam melakukan kelestarian dan mitigasi bencana selama ini. Dalam paparannya, ia menjelaskan bahwa selama ini Unit Kegiatan Mahasiswa yang selalu di support oleh kampus seperti Mahasiswa Pecinta Alam, Hizbul Wathan, dan Korps Sukarelawan (KSR) – PMI Unmuh Jember, turut andil dan berperan dalam kegiatan kelestarian dan mitigasi bencana.

 

Selain itu, banyak dosen dari Unmuh Jember tergabung dalam Forum Daerah Aliran Sungai dan juga adanya Pusat Studi Lingkungan. Dengan berharap bahwa peran Unmuh Jember selain mencetak akademisi yang baik mampu berguna dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Search