Inkubator Wirausaha Unmuh Jember Jalin Kerjasama dengan Desa Sidomulyo

Pimpinan Desa Sidomulyo Kabupaten Jember lakukan kunjungan ke Inkubator Wirausaha Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember), pada Selasa (4/1/2022). Kunjungan ini merupakan langkah kerjasama antara Desa Sidomulyo dengan Inkubator Wirausaha Unmuh Jember.

Kerjasama yang dijalin antara Desa Sidomulyo dengan Inkubator Wirausaha Unmuh Jember sendiri dalam ruang lingkup proyeksi rencana Desa Sidomulyo dalam membangun desa wisata berbasis masyarakat, yang nantinya akan dikembangkan menjadi desa wisata halal tourism. Pada rencana pembangunan desa wisata berbasis masyarakat ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat lokal Desa Sidomulyo, melalui pemberdayaan tentang wirausaha untuk masyarakat lokal Desa Sidomulyo sehingga bisa maju di tingkat nasional.

“Kita hadir disini dalam rangka menjajaki kerjasama dengan Inkubator Wirausaha Unmuh Jember, membahas tentang sinergi kita dalam pengembangan bidang ekonomi pariwisata lebih kepada halal tourism, dan juga berkaitan dengan industri-industri yang akan dibangun di Desa Sidomulyo, seperti yang akan direalisasikan di bidang pertanian yaitu industri porang.” ungkap Kamiludin, Kepala Desa Sidomulyo.

Ahmad Nur Mahfuda sekretaris Inkubator Unmuh Jember, menjelaskan bahwa konsep desa wisata berbasis masyarakat ini dibangung memang dari masyarakat untuk masyarakat. Konsep perputaran ekonomi direncanakan jika desa wisata sudah terbangun, maka pengunjung yang datang pada desa wisata tersebut bisa membeli produk lokal yang dikembangkan oleh masyarakat Desa Sidomulyo. Dan untuk saat ini Inkubator Unmuh Jember sedang dalam  proses melayani, mendampingi pengurusan nomor izin berwirausaha bagi pelaku IKM/UMKM masyarakat Sidomulyo.

“Desa wisata ini juga meliputi kewirausahaan, yang berkonsep dari masyarakat untuk masyarakat, jadi perputaran ekonomi itu untuk masyarakat Desa Sidomulyo, kan nanti jika desa wisata itu sudah terbangun maka pengunjung akan belanja produk lokal di Desa Sidomulyo, oleh karena itu mereka meminta pendampingan dalam pembangunan desa wisata ini.” ungkapnya.

 

Selain itu, Kepala Desa yang biasa disapa dengan sebutan mas kades ini mengharapkan dengan adanya kerjasama dengan Inkubator Unmuh Jember dalam bentuk pendampingan dan fasilitator mampu menjadi landasan bagi Desa Sidomulyo agar tidak salah jalan dalam mengelola industri yang akan dibangun di Desa Sidomulyo. “Harapannya inkubator ini bisa menjadi pembimbing dan fasilitator kami, supaya industri pertanian kami dalam mengelola itu tidak salah jalan, atau istilahnya tetap on the track.” tutupnya.

Search