Sukses Tempati Peringkat Nasional , PPG Unmuh Jember Terus Tingkatan Kualitas Lulusan

     Pendidikan Profesi Guru Universitas Muhammadiyah Jember telah selesai melaksanakan PPG jabatan 2021 yang ditutup dengan yudisium pekan lalu (3/1).

     Dilaksanakan melalui media zoom, pelaksanaan PPG diikuti oleh lebih dari 500 mahasiswa yang terbagi atas empat angkatan dengan empat tahap masa orientasi. Mahasiswa yang tergabung berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Adapun agenda yang diikuti oleh para mahasiswa yaitu pendalaman materi, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), pengembangan perangkat, dan uji komprehensif,

     Rektor Unmuh Jember Dr Hanafi MPd melalui sambutannya saat Rapat Luar Kantor (RLK) mengungkapkan rasa bangganya atas kerja keras pihak yang terlibat sehingga menghasilkan lulusan yang baik dari segala bidang studi. Beliau menambahkan Unmuh Jember menjadi kampus swasta yang berhasil memperoleh PPG sejak 2018 silam.

     Dr Christine W Suryaningrum MPd dalam laporan kegiatannya menyampaikan PPG Unmuh Jember berkembang sangat pesat. Pasalnya dari tahun 2018 hingga 2020 hanya menampung tiga bidang studi yaitu PPG Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD), PPG Pendidikan Biologi, PPG Pendidikan Bahasa Inggris.

     “Sedangkan pada tahun 2021 Unmuh Jember mendapatkan kepercayaan dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI untuk menambahkan tiga bidang studi tambahan kepada Universitas Muhammadiyah Jember yaitu PPG Agribisnis Tanaman, PPG Keperawatan, dan PPG Pekerjaan Sosial.” jelas ketua prodi PPG tersebut.

     Selain itu, lanjut Christine, aktifitas  LMS (Learning Management System) PPG Unmuh Jember tahap dua dan tahap tiga berhasil menempati peringkat pertama tingkat nasional. Tahun ini persentase kelulusan dari angkatan satu hingga empat mencapai 73,92%.

     Dedi Setiyawan, salah satu Alumni PPG Prajabatan 2018 Bidang Studi Bahasa Inggris memberikan tanggapannya selama mengikuti kegiatan PPG. Beliau merasakan sangat puas karena tidak hanya dilatih program berbahasa Inggris  namun juga dibekali dalam membentuk karakter religius.

     “Dulu saya dibimbing oleh PPG, banyak ilmu yang didapatkan karena tidak hanya dalam bidang yang saya minati, saya juga dibekali softskill yang mampu saya terapkan juga dalam lingkungan kerja saya saat ini. Saya sangat berterima kasih, fasilitas dan pelayanan juga sangat bagus. Harapannya PPG semoga bisa lebih baik lagi.”

     Agenda PPG ditutup dengan RLK Penyusunan Laporan Akhir di penghujung tahun 2021 lalu yang  berlangsung selama tiga hari di Hotel Java Lotus Jember.

Search