UM Jember Libatkan Perjanjian Kerjasama dengan Pengadilan Negeri Jember

 

      UM Jember agendakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Pengadilan Negeri Jember, Selasa (12/10/2021). Tujuan perjanjian kerjasama ini ialah memperkuat hubungan kelembagaan, menjalankan catur dharma perguruan tinggi dan meningkatkan layanan kepada masyarakat.

      Perjanjian Kerjasama ini turut hadir Rektor Universitas Muhammadiyah Jember Dr Hanafi MPd, dan Ketua Pengadilan Negeri Jember Wilayah A1 Dr I Wayan Gede Rumega SH MH beserta jajarannya masing-masing.

      Melalui Sambutannya, Dr I Wayan Gede Rumega SH MH selaku Ketua Pengadilan Negeri Jember mengungkapkan kerjasama ini merupakan awal penguatan kemitraan dan kerja dengan Perguruan Tinggi mengingat dunia kampus adalah tempat kaderisasi pemimpin masa depan bangsa. Selain itu, secara khusus PN Jember dapat bekerjasama secara kolaboratif dengan mahasiswa dalam menjalankan program PN Jember salah satunya adalah Program Tilik Desa. Program ini diproyeksikan untuk memudahkan para pencari keadilan untuk mendapatkan hak, seperti Permohonan pergantian nama. Diharapkan inovasi/program ini akan membantu masyarakat menghemat biaya karena bentang geografis kabupaten Jember yang sangat luas dan tersebar.

      Dilindungi oleh payung hukum peraturan Mahkamah Agung tentang Elektronik, Wayan juga ingin adanya peningkatan taraf inovasi baru yaitu dengan penggunaan teknologi informasi. Kemudian Wayan menyebutkan siap membuka kesempatan kepada generasi-generasi muda seperti mahasiswa untuk berlatih bersama. "Nanti akan ada pelatihan bersama, harapannya bisa mencetak SDM yang unggul. " tutupnya.

      Rektor Universitas Muhammadiyah Jember, Dr Hanafi MPd sangat mengapresiasi perhatian atensi Ketua Pengadilan Negeri Jember terhadap dunia kampus. Beliau menekan dan mengupayakan konsistensi mahasiswa untuk berada di tengah-tengah masyarakat. Tidak hanya melalui Memorandum of Understanding (MoU), Hanafi ingin harus ada implementasi sebagaimana kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

      Acara ini ditutup dengan penandatanganan Kerjasama antara Pengadilan Negeri Jember dengan Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi dan Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Jember.

 

Search