Menghadapi Digitalisasi, PkM-MU UM Jember Siap Berbagi dan Beraksi

 

Pelaksana Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) telah memulai kegiatan pengabdian masyarakat (PkM) mulai 31 Agustus 2021. PkM ini dibiayai oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhamamdiyah melalui Hibah Riset-MU tahun 2021. Mitra dalam kegiatan ini adalah Pondok Modern Muhammadiyah Pakusari (PMMP). Kegiatan PkM pada riset-MU (PkM-MU) ini akan bergerak untuk memberikan manfaat dalam pengembangan informasi baik website atau pun media sosial. 

Tahapan awal dari kegiatan PkM-MU ini adalah koordinasi dengan mitra, sehingga terdapat kesepakatan yang sesuai dan nyaman antara kedua belah pihak. Sesuai dengan kesepakatan, PkM-MU ini dilaksanakan secara daring dan luring mengikuti kebutuhan dan kondisi di masa pandemi Covid-19.

Demi realisasi dari pengembangan website dan media sosial, tim PkM-Mu yang diketuai oleh Fitri Amilia dan dibantu oleh Syahrul Mubaroq ini menyiapkan materi kegiatan yang disusun dalam bentuk handout. Handout ini sendiri berisi atas enam bab yang isinya berkaitan dengan pengembangan informasi secara website maupun media sosial. Tentunya, penyusunan handout ini melibatkan empat mahasiswa yaitu Rohmad Tri Aditiawan, Gitta Rowindi, Vigit Tri Deco, dan Zeinel Arfin Sadiq.

Mengikut agenda kegiatan yang sudah disusun, pada 9 Oktober 2021 PkM-MU menyelenggarakan kegiatan penyampaian materi dengan tema penulisan berita dan publikasi di media sosial secara daring. Rohmad Tri Adiawan selaku mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia bersama Gitta Rowindi selaku mahasiswa Pendidikan Matematika, berkesempatan untuk menyampaikan materi dan berbagi pengalaman kepada mitra.

 


Kegiatan awal, Penulisan Berita dan Publikasi di Media Sosial,  9-10-2021

Sebelum kegiatan penyampaian materi ini dimulai,  Kamis, 7 Oktober 2021 sebelumnya,  tim Peksana PkM-Mu telah silaturrahim ke Pondok Modern Muhammadiyah Pakusari (PMMP) untuk menyerahkan buku kegiatan. Selain itu, pelaksana PkM-Mu juga melakukan koordinasi untuk persiapan pembuatan video profil PMMP.

Kegiatan ini direspon sangat luar biasa dan mitra menyatakan rasa terimakasih kepada tim pelaksana. “Jazakumullah khairon katsiro, semoga jadi amal jariyah, karena bagi kami, ini perhatian yang luar biasa.ungkap Ustadah Mawaddah, pengasuh PMMP.

Selain itu, ketua tim pelaksana juga mengucapkan harapan dari adanya program pengabdian masyarakat ini. “Ya, kami pun berharap kegiatan ini bermanfaat untuk pengembangan lembaga mitra sesama amal usaha Muhamamdiyah. ungkap Fitri Amilia, Ketua Pelaksana.

 

 

Search