Implementasi MBKM, UM Jember Terapkan Matching Fun sebagai Bentuk Pelatihan kepada Mahasiswa

   

      Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) secara komitmen terus menerapkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Seperti salah satunya, dengan menyelenggarakan kegiatan Matching Fund UM Jember 2021 dengan bentuk kegiatan pelatihan premarital class. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada Minggu (03/10/2021) hingga Senin (04/10/2021).

      Ilmu yang diterapkan pada Matching Fund UM Jember 2021 berkaitan dengan bidang kesehatan, khusunya pada premarital dan bayi baru lahir. “Pada Kesempatan ini, InsyaAllah ilmu yang ingin kami terapkan langsung pada program MBKM ini berkaitan dengan premarital dan bayi baru lahir.” ujar Ns Sasmiyanto MKes, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UM Jember.

      Sasmiyanto juga menjelaskan bahwa di Kabupaten Bondowoso masih kurangnya informasi mengenai bidang kesehatan, terutama berkaitan dengan perawatan ibu hamil hingga perawatan bayi baru lahir. 

      Kegiatan yang diketuai oleh Dr Emy Kholifah R MSi  ini menghadirkan kolaborasi peserta antara mahasiswa Program Studi Keperawatan dan Program Studi Teknik Informatika. Tentunya, kolaborasi dari dua Program Studi ini memiliki harapan dapat membantu masyarakat untuk difasilitasi, sehingga akses untuk mendapatkan layanan kesehatan lebih mudah, ungkapnya.

      Program yang sesuai dengan arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini, diharapkan dapat mencetak setiap insan mahasiswa yang siap beradaptasi di lingkungan tempat dimana mereka bekerja nanti. “Sesuai dengan arahan Kemendikbud, bahwasannya mas Menteri menghimbau mahasiswa harus betul-betul bisa menerapkan MBKM. Supaya kita nanti harapannya sebagai orang tua di kampus, mahasiswa sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan yang sesungguhnya.” terang Sasmiyanto.

Search