Previous Next

Universitas Muhammadiyah Jember Membangun Kerja Sama Internasional dengan Ifugao State University, Filipina

     Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka menuntut institusi Perguruan Tinggi untuk terus melebarkan sayapnya dalam menjalin kerja sama. Hal tersebut dibuktikan oleh Lembaga Kerja Sama Universitas Muhammadiyah Jember dengan terus menambah jejaring kerja sama di semua lini baik sektor pemerintahan, Pendidikan dalam maupun luar negeri. Saat ini Unmuh Jember telah mempunyai jalinan kerja sama dengan institusi luar negeri di lebih dari 10 negara.

     Kamis, (25/5/2023), dilakukan penandatanganan MoU dengan Ifugao State University (IFSU), Filipina di Unmuh Jember. Kedatangan President dan empat orang dosen dari IFSU di Unmuh Jember menandai kerja sama antara dua institusi Pendidikan yang langsung dilanjutkan implementasinya. Kepala Lembaga Kerja sama Kristi Nuraini MPd berujar, diawali dengan penjajakan sampai pada akhirnya terelisasi kerja sama yang akan kita lanjutkan dengan kegiatan program kuliah tamu dan lecture exchange di tiga fakultas Unmuh Jember. Ketiga fakultas tersebut, yakni FKIP, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Psikologi.

     Keempat dosen dari IFSU terbagi ke dalam tiga fakultas tersebut fokus berdasarkan keilmuan masing-masing. "Untuk Fikes mereka melaksanakan program General Lecture dengan tema The Nurse's Role in The Application of Complementary Therapies." Sementara Psikologi mengadakan dua agenda, yaitu genral lecture dan short course. Untuk short course difokuskan kepada mahasiswa semester akhir enam dan delapan mengingat topiknya, yaitu Developing a hypothesis and research problem.

     Sementara President IFSU Eva Marie Codamon-Dugyon PhD dalam sambutannya mengaku senang bisa berkunjung ke Indonesia khususnya Unmuh Jember. Ia mengaku senang bisa menjalin kerja sama dan diterima dengan sangat ramah. Harapan ke depannya, MoU tidak hanya berhenti di kegiatan ini namun harus kontinu dengan kegiatan yang saling menguntungkan. Ke depannya bisa menggandeng universitas lain juga untuk mengembangkan jalinan kerja sama dan bertukar budaya, tutup Eva.

Search