Go Nasional, Mahasiswa Unmuh Jember Lolos Tahapan Pilmapres Nasional Usai Bergelut di Tingkat Wilayah

Mahasiswa asal Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember), Jauhari Ahmad Febriansyah  berhasil meraih peringkat ke-4 dalam ajang Pilmapres Wilayah Program Diploma LLDikti7 yang diadakan di Grand Whizz Hotel, Trawas, Mojokerto pada Senin sampai Rabu (8/5/2023 – 10/5/2023). Pilmapres Wilayah merupakan ajang kompetisi tingkat regional yang diikuti oleh peserta dari seluruh universitas dan institusi pendidikan di wilayah Jawa Timur.

Sebelum mengikuti ajang Pilmapres Wilayah, peserta harus melewati seleksi dari universitas mereka masing-masing. Di Pilmapres Wilayah LLDikti7 ini, terdapat 33 peserta yang diseleksi dari seluruh universitas maupun institusi di Jawa Timur dan diambil 20 besar untuk melanjutkan ke tahap presentasi di hadapan juri yang terdiri dari para ahli dan praktisi di bidang pendidikan.

Peserta asal D-3 Keperawatan Unmuh Jember yang berhasil lolos ke tahap presentasi mengusung topik "Efektivitas Teh Biji Alpukat Dan Kulit Jeruk Bali Sebagai Penurunan Nilai Kadar Kolesterol". Menurut peserta, ide untuk menggabungkan kedua bahan tersebut sebagai penurun kadar kolesterol terinspirasi dari hasil risetnya yang menunjukkan bahwa belum ada yang mengombinasikan kedua bahan tersebut sebelumnya.

Namun, persiapan untuk mengikuti ajang Pilmapres Wilayah tidaklah mudah. Selain harus melewati seleksi dari universitas terlebih dahulu, peserta juga harus mempersiapkan produk inovatif yang terkait dengan topik yang diusungnya dalam waktu yang cukup singkat. Peserta bahkan harus bekerja ekstra keras dan mengorbankan waktu liburan untuk mempersiapkan produk dan poster yang akan digunakan dalam presentasi.

Setelah melewati berbagai tahapan presentasi, akhirnya pengumuman dan penutupan dilakukan pada pukul 22.30. Peringkat demi peringkat diumumkan dan peserta dari Unmuh Jember berhasil meraih peringkat ke-4. Peserta merasa sangat bangga dengan hasil kerja keras yang telah dilakukan selama ini dan tidak berhenti bersyukur karena berhasil membawa nama baik universitas dalam ajang kompetisi Pilmapres Wilayah.

Menanggapi prestasi yang telah diraih, peserta mengatakan bahwa akan mempersiapkan dengan serius dan matang untuk tingkat nasional. 

“Persiapan kedepannya adalah dengan mengasah bahasa asing dan membuat strategi agar dapat berkompetisi dengan maksimal di ajang Pilmapres Tingkat Nasional, saya juga berharap dapat memberikan yang terbaik dan memperoleh hasil yang memuaskan untuk universitas dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.” ungkap Jauhari Ahmad Febriansyah, Mahasiswa Fikes Unmuh Jember.

 

Search