Previous Next

Dosen dan Mahasiswa Unmuh Jember Gelar Kegiatan Pengabdian untuk Pemberdayaan Perempuan Berkemajuan

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) Ns. Dwi Yunita Haryanti, S.Kep., M.Kes, bersama 4 mahasiswa dari prodi ilmu keperawatan dan DIII Keperawatan telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada Minggu (16/04/2023), di Masjid Al Furqon Bangsalsari, Kabupaten Jember. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberdayakan perempuan berkemajuan melalui Madrasatul Ummahat yang dibentuk untuk memberikan pengetahuan dan menguatkan peran perempuan secara individu, keluarga, dan bermasyarakat.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui tahap persiapan, pelaksanaan di lapangan, dan pelaporan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pemberian materi melalui ceramah dan presentasi, diskusi aktif, dan simulasi. Kegiatan ini berhasil meningkatkan motivasi perempuan untuk berperan secara maksimal dalam peningkatan pengetahuan.

Madrasatul Ummahat akan menguraikan bagaimana sosok kepribadian wanita menurut al-Qur’an dan as-Sunah, termasuk hubungan muslimah dengan Robbnya, diri sendiri, keluarga, kerabat, tetangga, saudara, teman, dan masyarakatnya. Hal ini akan memunculkan perasaan untuk bertanggung jawab dan mendorong untuk meluruskan yang bengkok pada diri anggota keluarga, membetulkan yang salah pada diri mereka, dan tidak hanya diam membisu saat melihat akan tetapi mampu menyampaikan dan mengajak untuk berubah menjadi lebih baik.

Luaran dari pengabdian ini adalah terbentuknya sekolah ibu pintar (SEKITAR) yang akan mendapatkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang telah disusun untuk 6 pertemuan ke depan. 6 tema pertama yang akan diusung adalah tentang konsumsi dan pola makan anak, kesehatan gigi pada anak, perawatan anak sakit, kesehatan mental pada anak, tumbuh kembang anak, dan perilaku hidup bersih dan sehat. Proses belajar mengajar akan dilaksanakan di Masjid Al Furqon Kecamatan Bangsalsari, dengan jadwal pembelajaran setiap 2 pekan sekali selama 90 menit setiap pertemuan.

 

Search