Previous Next

Himabin PBSI Unmuh Jember Gelar Kajian Islami dan Kegiatan Sosial di Bulan Ramadhan

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Himabin) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) menggelar serangkaian agenda pada hari Senin, 10 April 2023. Acara tersebut bertujuan untuk membagikan kebaikan di bulan Ramadan dengan mengundang seluruh lapisan masyarakat untuk merasakan kenikmatan ilmu agama dan makanan serta minuman.

Agenda pertama adalah Kaidah (Kajian Islami Nan Indah) yang mengangkat tema "Meraih Berkah dengan Bersedekah di Bulan Ramadan". Kajian ini diadakan di Masjid Al-Qolan dan diikuti oleh para pengurus Himabin. Dosen FKIP Unmuh, Bapak Mochamad Alfan, M.Ed., diundang sebagai narasumber. Acara kajian dimulai pukul 13.30 - 14.45 WIB dan dilanjutkan dengan salat berjamaah.

Setelah kajian selesai, Himabin mempersiapkan agenda selanjutnya, yaitu Himabin Berbagi. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membagikan takjil berupa kolak buah hangat kepada seluruh pengendara sepeda motor yang melewati jalan raya di depan kampus. Tidak ada kategori khusus yang dituju, sehingga semua lapisan masyarakat bisa mendapatkannya. Kegiatan ini dilaksanakan pukul 17.00 - 17.10 dan diikuti oleh seluruh mahasiswa PBSI baik angkatan 2020-2022. Jumlah cup takjil yang dibagikan sebanyak 50 cup. Pengurus bidang keagamaan dan sosial ekonomi bertanggung jawab atas kegiatan ini.

Agenda terakhir adalah Buka Bersama yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PBSI dan para alumni Himabin yang masih ada di Jember dan bersedia hadir. Acara ini merupakan kesempatan untuk bercengkrama dengan para alumni dan lintas angkatan sembari menikmati buka puasa.

Himabin berharap melalui serangkaian acara ini, seluruh lapisan masyarakat bisa merasakan kenikmatan di tengah bulan Ramadan baik berupa ilmu agama, ataupun berupa makanan dan minuman. 

“Himabin sebagai mahasiswa Pendidikan sesuai dengan hadis, meyakini bahwa khoirunnas anfauhum linnas, Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain, oleh karena itu Himabin berkomitmen untuk selalu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.” tutup Fina Dwi Septiana, mahasiswa PBSI Unmuh Jember sekaligus panitia acara.

 

Search