Kenalkan E-Commerce untuk Bangkitkan Desa Wirausaha

     Tim Pengabdian Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jember gelar acara Pengenalan E-Commerce Menuju Desa Wirausaha pada Rabu (16/2/2022), bertempat di Balai Desa Karangduren Kecamatan Balung Jember.

Tim yang berjumlah empat orang terdiri dari dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Matematika ini mengenalkan E-Commerce kepada masyarakat Desa Karangduren.

Pada kegiatan tersebut, dari tujuh belas peserta yang hadir hanya tiga peserta yang menggunakan media sosial untuk kegiatan jual beli yaitu WA, Facebook, dan Instagram, selebihnya masih konvensional. Demi mengatasi problematika tersebut lahirlah sebuah modul kegiatan yang dibagikan kepada para peserta. Dengan demikian, peserta bisa memahaminya dan melanjutkan praktik di rumah.

Selain itu Kepala Desa Karanduren, Nurkholik menyampaikan bahwa tujuh belas peserta tersebut juga merupakan peserta yang memenuhi kriteria untuk bisa menjadi bagian dari pengembangan usaha masa kini, namun untuk pelaku usaha sendiri berjumlah hampir dua ratus.

Selain mengenalkan E-Commerce kepada masyarakat Desa Karangduren, kegiatan ini juga melakukan kegiatan praktik. Beberapa peserta langsung mempraktikkan mendaftar akun WA bisnis dan juga membuka toko di market place sesuai dengan jalannya materi.

Nurkholik juga menyampaikan rasa terimakasih dengan adanya kegiatan positif berupa pengabdian yang memberikan materi tentang E-Commerce yang dimana masyarakat sangat antusias sekali mengikuti kegiatan Pengenalan E-Commerce Menuju Desa Wirausaha.

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar, peserta antusias mohon maaf bila ada yang kurang berkenan, tutur Bapak Nurkholik di akhir kegiatan. Beliau juga berharap bisa terus menjalin kerja sama dengan Unmuh Jember di berbagai bidang.” ungkapnya.

Search