Pameran Bioenterpreneur dan Kuliah Tamu Guna Kembangkan Minat Usaha

     Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unmuh Jember selenggarakan Kuliah Tamu dan Bazar, kemarin (20/01/2022).

     Agenda tersebut merupakan bagian dari kegiatan mempromosikan sekaligus edukasi kepada mahasiswa yang berkaitan dengan usaha yang dikembangkan oleh mahasiswa yang terlibat.

     Acara tersebut dihadiri oleh Dekan FKIP, Dr H Kukuh Munandar MKes didampingi seluruh jajarannya, Ketua Inkubator Wirausaha Unmuh Jember, Dr Haris Hermawan SE MM serta beberapa mahasiswa.

     Acara ini diisi dengan pemaparan materi dengan tajuk OBE Berbasis Science Techno Park oleh Ketua Inkubator Wirausaha Unmuh Jember Dr Haris Hermawan SE MM, kemudian diskusi dan tanya jawab yang disampaikan oleh para peserta.

     Dalam pemaparannya, Haris menyampaikan dampak positif dari industry 4.0, korelasi wirausaha, StartUp, Lead Generation, Service level Agreement hingga B2C Relationship Quality. Ia juga menyampaikan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha harus didasari dari sesuatu yang disukai.

     “Jiwa seorang wirausaha memang harus dikembangkan dari apa yang disukai, kemudian kita frame dalam bidang keilmuannya. Maka dari itu, dalam pra-startup, keberanian menjadi faktor penting yang diajarkan oleh inkubator kewirausahaan Unmuh Jember.” terangnya.

     Ditanya tentang tips menumbuhkan ide, Haris menjelaskan bahwa peluang ide bisa berasal dari sesuatu yang tidak disukai. Sebenarnya, lanjut Haris, ketika persepsi berhasil dikuasai, maka bisnis akan menjadi kuat. Di akhir pemaparannya, ia berpesan bahwa usaha yang baik adalah usaha yang berani dimulai.

     Selain itu, pihaknya akan memberikan pendampingan berupa pengelolaan wirausaha yang nantinya berlanjut ke rumah ekspor sesuai dengan minat dan bakat peserta dalam mengembangkan bisnis mahasiswa maupun alumni.

 

Search