Previous Next

Mahasiswa KKN-TIM 7 - Unmuh Jember, Terlibat Sosialisasi Peduli Stunting dan Penyaluran Makanan Bergizi

Stunting menjadi salah perhatian pemerintah Indonesia. Saat ini pemerintah menargetkan penurunan angka stunting menjadi 14% pada akhir 2024. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah harus mengupayakan penurunan angka stunting sebesar 3,8% setiap tahunnya. 

Kasus stunting juga menjadi perhatian khusus mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Muhammadiyah Jember di Kabupaten Lumajang, khususnya di Desa Jatigono, Kecamatan Kunir.

Dengan adanya KKN tersebut, mahasiswa ikut andil dalam sosialisasi peduli stunting di Desa Jatigono, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang. Hal tersebut mendapat apresiasi dari Kepala Desa Jatigono, Rudy Prasetyo ketika melaksanakan monitoring KKN-T di Desa Jatigono (Rabu, 16/23).

Upaya penekanan stunting di lakukan yaitu berkolaborasi dengan posyandu dan sosialisasi rutin terkait permasalahan stunting. Dalam Praktiknya Mahasiswa KKN-Tematik melalui kelompok 7, melakukan pendataan; seperti nama, tinggi, berat, dan kondisi anak yang menjadi prioritas program stunting.

Mahasiswa KKN-Tematik melalui kelompok 7 sangat aktif terlibat dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Jatigono. Meskipun dalam kegiatan KKN di gelombang ini berfokus pada penguatan UMKM pasca pandemi, dengan melakukan pengurusan legalitas berusaha (NIB) dan Halal. namun mahasiswa dapat memasuki seluruh kegiatan/agedan desa, seperti kegiatan; budaya, keagamaan, termasuk kesehatan pada kegiatan stunting tersebut.

"Satu bulan ini akan kami maksimalkan, semakin banyak kegiatan kami, semakin besar pula dampak yang kami berikan kepada masyarakat mitra kami disini" (Kordes Jatigono, Dimas Erisma).

Search