Previous Next

Selaraskan Misi, Peran Wakil Rektor dalam Mendukung Kinerja Rektor

Kesuksesan sebuah Universitas itu bukan hanya karena Rektornya saja tetapi andil dari Wakil Rektor juga sangat mempengaruhi. Ungkapan tersebut diucapkan oleh Wakil Sekretaris III Majelis Diktilitbang PP Muahmamdiyah, Dr Muhamad Samsudin Sag MPd saat acara pelantikan dan serah terima jabatan Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Jember, Jumat, (8/3/2024). 

Menurutnya, andil Wakil Rektor pada bidang masing-masing dalam mengkoordinasikan dengan semua unit di bawahnya merupakan satu kesatuan keberhasilan dalam menunjang kinerja rektor. Jangan menjadi pemimpin yang disukai tetapi jadilah pemimpin yang menyenangkan orang lain. “Permudahkanlah, senangkanlah, dan gembirakanlah.” ucap Samsudin. Kalau hanya disukai saja belum tentu pemimpinnya bisa mengayomi. Tetapi ketika pemimpin bisa menyenangkan, artinya program kerja yang dimiliki bisa ia representatifkan dengan baik kepada para timnya.

Hal tersebut didukung oleh perkataan Prof Dr Thohir Luth MA, perwakilan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Ketika seorang pemimpin membaca janji, berarti ia mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan janji dengan sebaik-baiknya. “Jangan sampai mengabaikan apalagi memanfaatkan untuk kepentingan pribadi.” 

Ketika Amanah dan janji ditepati, berarti para pemimpin sudah menorehkan prestasi dengan menuliskan di kertas putih bahwasanya Muhammadiyah Bekemajuan. Sebaliknya, ketika para pemimpin khianat terhadap janjinya, berarti mereka menuliskan di kertas putih dengan noda dan dosa bagi kita semua. Hal tersebut tentu menjadi berkebalikan dari sifat pemimpin yang seharusnya menyenangkan.

Dengan suara yang bergetar, Wakil Rektor III terpilih, Dr Sofyan Rofi MPdI membaca janji pelantikan bergantian dengan Wakil Rektor I Dr Bagus Setya Rintyarna MKom dan Wakil Rektor II Sasmiyanto SKep Ners MKes yang dipimpin langsung oleh Rektor Unmuh Jember, Dr Hanafi MPd.

Sebagai ucapan dedikasi terima kasih kepada para Wakil Rektor Masa Jabatan 2020 – 2024, Dr Hanafi mengucapkan rasa bangganya atas empat tahun dalam kerja sama yang maksimal. Beberapa torehan prestasi atas kinerja yang telah dilakukan telah berperan dan turut andil bagi kemajuan Unmuh Jember. “Hal tersebut juga berlaku bagi jajaran wakil rektor baru, harus saling menyelaraskan misi agar tercapai tujuan yang sama.” tutupnya.

Search