Previous Next

Universitas Muhammadiyah Jember Bersama Pemerintah Daerah dan Lembaga Mitra untuk Perlindungan Pekerja Migran

 

Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) turut andil dalam upaya perlindungan pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Jember dan keluarganya. Acara yang bertajuk "Matching Fund: Serah Terima Pekerjaan Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perlindungan PMI Asal Kabupaten Jember dan Keluarganya” dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jember, Kabag Hukum Kabupaten Jember, dan Migrant Care sebagai mitra kerja sama.

Kerja sama antara Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) dengan pemerintah daerah dan lembaga mitra dalam mengatasi tantangan terkait pekerja migran merupakan langkah yang tepat. Kerja sama tersebut dapat memperkuat upaya perlindungan PMI asal Kabupaten Jember dan keluarganya.

Rektor Unmuh Jember, Dr Hanafi MPd, dalam sambutannya mengatakan bahwa penelitian dan Raperda tersebut merupakan hasil kerja sama Unmuh Jember dengan Mitra. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi PMI asal Kabupaten Jember dan keluarganya, serta merumuskan Raperda sebagai upaya perlindungan bagi mereka.

"Kami berharap hasil penelitian dan Raperda ini dapat menjadi dasar bagi pemerintah Kabupaten Jember untuk mengambil kebijakan yang tepat dalam melindungi PMI asal Jember dan keluarganya," kata Hanafi.

Selanjutnya, beliau menyerahkan hasil penelitian dan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang perlindungan pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Jember dan keluarganya. Penyerahan dilakukan dalam acara serah terima pekerjaan akademik dan Raperda tersebut yang digelar di Universitas Muhammadiyah Jember, Sabtu (23/12/2023).

Dr Bagus Setya Rintyarna MKom, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Jember, memimpin proses serah terima tanggung jawab dan menandatangani dokumen resmi yang menandai transfer tugas akademik terkait peraturan tersebut kepada mitra kerja sama.

Sebagai bentuk penghargaan, mitra yang terlibat dalam acara menerima vandel seremonial, dan sertifikat diberikan kepada mahasiswa yang berkontribusi secara luar biasa untuk mendukung tujuan perlindungan PMI asal Kabupaten Jember dan keluarganya

Kerja sama yang terjalin antara Unmuh Jember, pemerintah daerah, dan lembaga mitra dianggap sebagai langkah tepat dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh pekerja migran. Melalui kerja sama ini, diharapkan perlindungan bagi PMI asal Kabupaten Jember dan keluarganya dapat diperkuat.

Acara "Matching Fund" tidak hanya menjadi tonggak sejarah dalam perlindungan PMI di Kabupaten Jember tetapi juga menciptakan momentum kolaborasi antara berbagai pihak untuk mencapai tujuan bersama dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi pekerja migran dan keluarganya.

Search