Almarhumah Sawitri Komarayanti Menjadi Inspirasi Yudisium Ke-II PPG Tahun 2023 Unmuh Jember

Suasana haru menyelimuti gelaran Yudisium Ke II Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2023 di Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) pada Kamis (14/12/2023) yang lalu. Momen ini diwarnai oleh pesan yang menggetarkan hati dari salah satu Yudisi, Elok Fadhilah, yang berhasil menyentuh perasaan seluruh peserta yang turut hadir.

 

Saat memberikan pesan dan kesan sebagai perwakilan mahasiswa, Elok Fadhilah tak mampu menahan tangisnya saat mengenang almarhumah Sawitri Komarayanti, seorang dosen Pendidikan Biologi yang bukan hanya sebatas pengajar, melainkan juga sosok ibu yang memberikan inspirasi dan motivasi. 

 

"Satu tahun beliau telah membimbing kami dengan semangatnya bahkan ketika beliau sakit." tutur Elok dengan suara yang penuh emosi.

 

Pesan tersebut diungkapkan sebagai bentuk terima kasih kepada almarhumah Sawitri Komarayanti atas pengabdian dan dedikasinya dalam mendidik calon-calon guru selama 35 tahun 8 bulan di Unmuh Jember.

 

Elok Fadhilah juga menyampaikan bahwa kelulusan dirinya bersama rekan-rekannya bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan awal dari tanggung jawab yang lebih besar sebagai guru profesional.

 

"Dengan gelar baru ini, kami merasa memiliki tanggung jawab untuk mengaplikasikan pengetahuan yang kami peroleh selama berkuliah di Unmuh Jember. Saatnya untuk membuktikan diri sebagai individu yang berkualitas, berkomitmen, dan memegang teguh nilai moral dan agama" ungkapnya.

 

Yudisium ini melibatkan mahasiswa Prajab Gelombang 1 dan 2 dari Prodi PGPAUD, PBI, dan Biologi, serta mahasiswa Daljab Angkatan 1 2023 Prodi PGPAUD dan Matematika, dengan total 247 lulusan. Walaupun terbatas oleh jarak, sebanyak 150 peserta turut hadir secara langsung di Gedung Ahmad Zainuri Unmuh Jember, sementara yang lain bergabung melalui Zoom Meeting.

 

"Karena mahasiswa PPG tersebar dari seluruh penjuru daerah jadi terkendala jarak." Ungkap Anam Fadhilah M,Pd, Ketua Panitia.

 

Selain itu, dirinya berharap agar PPG Unmuh Jember terus menjunjung tinggi citra sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) terbaik dalam penyelenggaraan PPG, baik dalam jalur jabatan (daljab) maupun pra jabatan (prajab).

Search