Previous Next

FKIP Unmuh Jember Cetak 247 Pengajar Profesional di Yudisium Ke-II PPG 2023

Pendidikan Profesi Guru (PPG) memiliki peranan krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Program ini tidak hanya menyesuaikan para pendidik dengan perubahan kurikulum, tetapi juga membangun profesionalisme guru, membantu mereka menghadapi tantangan pendidikan, dan memastikan ketersediaan pendidik berkualitas. Dengan fokus pada pengetahuan, keterampilan, dan sikap, PPG menjadi landasan bagi guru untuk menjadi agen perubahan positif, membentuk generasi yang cerdas dan siap menghadapi dinamika masa depan pendidikan.

 

Menjawab tantangan tersebut, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) cetak 247 mahasiswa PPG di Yudisium Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2023 untuk kedua kalinya diselenggarakan di Aula Gedung Ahmad Zainuri Unmuh Jember,pada Kamis (14/12/2023). 

 

Dihadiri langsung oleh 151 dari 247 mahasiswa yang lulus tahun ini, sementara yang lain mengikuti secara virtual.

 

Kegiatan dimulai dengan penampilan istimewa dari mahasiswa PPG Prajab Biologi G1 dan G2 2023, menampilkan paduan suara lagu "Terima Kasihku" milik Gita Gutawa dan puisi yang menyentuh di tengah-tengah penampilan musik. 

 

Setelah penampilan yang mengesankan, Anam Fadlillah, M.Pd, selaku Ketua Panitia, memberikan sambutan pembukaan, dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan (SK) Kelulusan PPG oleh Wiwik Suharso, M.Kom, selaku Kepala BAA UNMUH Jember.

 

“Diharapkan gelar yang didapat mampu digunakan sebagaimana mestinya dan bisa bermanfaat bagi keberlangsungan bangsa” ungkapnya.

 

Selain itu, Dr. Kukuh Munandar, M.Kes, selaku Ketua Senat dan Dekan FKIP, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran tamu undangan dan seluruh mahasiswa PPG. Ucapan selamat dan dorongan bagi para pendidik profesional baru juga disampaikan oleh Rektor Unmuh Jember, Dr. Hanafi, M.Pd.

 

"Dari Universitas Muhammadiyah Jember, kami mengucapkan terima kasih kepada Yudisi yang telah mempercayakan PPG di Unmuh Jember," jelasnya.

 

Prosesi Yudisium dilaksanakan dengan khidmat, dan dilanjut dengan pembacaan Sumpah Guru yang dipandu oleh Soeharnik, mahasiswi PPG Daljab PAUD, dan diikuti oleh seluruh Yudisi.

 

Puncak acara ditutup dengan dua penampilan yang mengharukan. Pertama, mahasiswa PPG Bahasa Inggris membawakan lagu "Photograph" milik Ed Sheeran yang diiringi dengan pemutaran foto kenangan. Acara ditutup dengan persembahan lagu "Perahu Kertas" milik Maudy Ayunda oleh mahasiswa PPG PAUD, Lutfiana.

Search