Previous Next

Resmi Dilantik, Hanafi Pimpin Unmuh Jember Untuk Kedua Kalinya Dalam Masa Jabatan 2023-2027

Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) telah menggelar Pelantikan Rektor Unmuh Jember Masa Jabatan 2023-2027 yang dilaksanakan Jumat (1/12/2023) di Aula Gedung Ahmad Zainuri. Acara ini dihadiri secara fisik oleh seluruh pejabat struktural di lingkungan Unmuh Jember dan tamu undangan.

 

Pelantikan ini dilaksanakan setelah proses yang ketat dari seleksi Bakal Calon Rektor Unmuh Jember Masa Jabatan 2023-2027 yang terdiri dari 5 bakal calon rektor antara lain, Prof. Dr. Nanang Saiful Rizal, S.T., M.T. IPM, Dr. Hanafi, M.Pd, Dr. Emy Kholifah R., M.Si, Dr. Sofyan Rofi, S.Pd.I., M.Pd.I., dan Dr. Tanzil Huda, M.Pd pada Kamis (10/8/2023) silam. 

 

Dalam pelantikannya, Rektor Unmuh Jember 2023-2027, Dr. Hanafi, M.Pd dilantik langsung oleh Wakil Ketua II Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof. H. Achmad Jainuri, Ph.D. dan disaksikan oleh Dr. H. M. Sa’ad Ibrahim, M.A selaku Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pelantikan dilakukan dengan menandatangani berita acara Pelantikan Rektor Unmuh Jember.

 

Setelah pelantikan, Dr. Hanafi, M.Pd menyampaikan pidatonya yang mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan seluruh jajaran Muhammadiyah dalam memberi amanah kedua kalinya sebagai Rektor Unmuh Jember.

 

“Terima kasih atas kepercayaannya, sehingga saya mengemban amanah yang kedua” jelas Dr. Hanafi, M.Pd., dalam Pidato Rektor Unmuh Jember.

 

Dipaparkan pula dalam pidato rektor terkait dengan kinerja rektor masa jabatan 2019-2023 yang menyangkut keberhasilan Pembangunan Rumah Sakit Umum Unmuh Jember, Pembangunan SPBU Unmuh Jember yang bekerja sama dengan PDM Situbondo, kampus biru meraih titel 10 besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah & Aisyiyah (PTMA) Terbaik Se-Indonesia Tahun 2022 dan pencapaian lainnya.

 

Dalam kontrak kinerja yang akan dijalankan ke depannya oleh Rektor Unmuh Jember Masa Jabatan 2023-2027, disampaikan beberapa target meliputi akreditasi kampus yang diestimasi meraih predikat unggul oleh BAN-PT, kenaikan jumlah target mahasiswa baru, dan yang paling krusial adalah realisasi amanah dari Majelis Diktilitbang yang berupa tugas untuk mergernya antara Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah (ITBM) Banyuwangi dengan Unmuh Jember terkait dengan rencana Pembangunan Kampus Kedua Unmuh Jember di Banyuwangi, serta tak luput juga dengan Pembangunan Rusunawa di Unmuh Jember yang telah difinalisasi oleh PUPR Kabupaten Jember.

 

Setelah pidato rektor usai, disampaikan sambutan-sambutan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur yang diwakilkan oleh Dr. Hidayatullah, M.Si dan Kepala Biro Umum LLDIKTI Wilayah 7 Jawa Timur, dr. Ivan Rovian, M.Kp.

 

“Masing-masing harus memberikan kontribusi terbaiknya untuk keunggulan, kemajuan dan kebesaran Unmuh Jember.” jelas Bapak Hidayatullah dalam sambutannya.

 

Acara ditutup dengan penyampaian amanah oleh Dr. H. M. Sa’ad Ibrahim, M.A yang menyampaikan sejarah Muhammadiyah dan mengangkat kisah tokoh muslim di bidang Kesehatan yaitu Ibnu Sina.

 

Dalam wawancaranya, Bapak Sa’ad Ibrahim, menyampaikan apresiasi atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

 

“Saya mengapresiasi atas perkembangan Universitas Muhammadiyah Jember” jelasnya dalam sesi wawancara khusus.

 

Dilanjutkan oleh Kepala Biro Umum LLDIKTI Wilayah 7 Jawa Timur, dr. Ivan Rovian, M.Kp., memberikan apresiasi dan pernyataan dukungan sekaligus harapan kepada Rektor Unmuh Jember dalam mengemban tugasnya pada masa jabatan 2023-2027.

 

“Secara personalitas, Pak Hanafi sudah teruji diimbangi dengan prestasi seorang pemimpin yang telah dibuktikan oleh perkembangan Unmuh Jember” jelasnya.

 

Wawancara ditutup oleh statement akhir oleh Rektor Unmuh Jember Masa Jabatan 2023-2027, Dr. Hanafi, M.Pd.

 

“Universitas Muhammadiyah Jember akan menjalankan apa yang dicanangkan oleh pemerintah, baik dari pemerintah maupun jalur Muhammadiyah” tutupnya.

Search