Previous Next

Rumah Sakit Unmuh Jember Siap Beroperasi dan Terima Pasien

     Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Jember (RSU Unmuh Jember) mengadakan acara tasyakuran dan santunan anak yatim pada Ahad (2/7/2023). Acara tersebut menjadi momen penting yang menandai bahwa RSU Unmuh Jember mulai menerima pasien umum dan pasien dengan asuransi non-BPJS mulai Senin (3/7/2023).

     Kegiatan tasyakuran dan santunan ini dihadiri oleh seluruh dosen, perawat, tenaga non-kesehatan, rektorat, dan pimpinan Unmuh Jember. Tidak ketinggalan, 30 anak yatim dari Panti Asuhan Budi Mulya Jember juga turut hadir dalam acara tersebut.

     Dalam sambutannya, Direktur RSU Unmuh Jember, Dr. Bambang Indra, Sp. THT, menyampaikan bahwa setelah 42 tahun berkecimpung di bidang pendidikan, Unmuh Jember kini ingin berperan aktif di bidang layanan kesehatan untuk masyarakat Jember. Ia menjelaskan bahwa RSU Unmuh Jember merupakan rumah sakit tipe C yang menyediakan pelayanan dasar dan penunjang, termasuk laboratorium, radiologi, dan ICU.

     Selain memberikan pelayanan kesehatan, Dr. Indra juga menegaskan bahwa RSU Unmuh Jember siap berkontribusi dalam mendukung program pemerintah untuk menekan angka stunting dan TBC. Bukti nyata dari komitmen tersebut adalah adanya fasilitas pelayanan Ponek di rumah sakit ini.

     Berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi Kranjingan Sumbersari Jember, Rektor Unmuh Jember menyampaikan pesan bahwa rumah sakit yang telah dibangun melalui proses yang tidak mudah ini harus memegang teguh dua hal, yaitu disiplin dan kebaikan. Hal ini sejalan dengan motto RSU Unmuh Jember, yaitu "Layananku, Ibadahku, Tulus Sepenuh Hati."

     Motto tersebut tidak hanya sekadar kata-kata, tetapi harus menjadi semangat bagi seluruh tim di rumah sakit. "Jadikanlah profesimu sebagai bukti bahwa kita beribadah melalui syukur, menyebarkan kebaikan, dan menyatakan keimanan," tambahnya.

     Dalam tausiahnya, Dr. Dhian Wahana Putra, MAg, menjelaskan bahwa ada lima hal yang harus dimiliki agar pekerjaan dapat dianggap sebagai ibadah, yaitu ikhlas, cinta terhadap pekerjaan (tidak merasa beban), istiqomah, sedia berkorban, dan menggunakan harta dengan jalan yang benar.

     KHA Dahlan juga memberikan pesan kepada para pegawai RSU Unmuh Jember untuk mencari harta yang halal dengan menggunakan seluruh tenaga yang dimiliki dan menjauhi sikap malas. Setelah mendapatkannya, harta tersebut sebaiknya digunakan untuk kepentingan keluarga dengan bijaksana dan kelebihannya dapat diberikan sebagai sedekah di jalan Allah SWT.

     Sebagai informasi tambahan, RSU Jember memiliki 9 poliklinik, antara lain poliklinik spesialis bedah, spesialis obgyn, spesialis interna, spesialis anak, spesialis syaraf, spesialis THT, spesialis paru, spesialis gigi, dan klinik umum. Adapun fasilitas pelayanan rawat inap RSU Unmuh Jember terdiri dari VVIP, VIP, Kelas 1, isolasi, anak, ICU dan PICU, bayi dan NICU, serta fasilitas untuk bedah dan non-bedah dengan total 101 tempat tidur.

Search