Previous Next

MAJAPAHIT TERPELIHARA: KEGIATAN KOLABORASI MAHASISWA KKN UNMUH JEMBER DAN UIN KHAS JEMBER DI SITUS BETENG DESA SIDOMEKAR SEMBORO

Jember – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Muhammadiyah Jember (UNMUH Jember) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Khas Jember telah bergabung untuk memulai proyek pemeliharaan situs bersejarah yang terletak di Desa Sidomekar Semboro. Situs yang menjadi fokus perhatian mereka adalah Beteng Peninggalan Majapahit, sebuah peninggalan bersejarah yang memiliki nilai kultural yang tinggi bagi masyarakat lokal.

Situs Beteng ini awalnya ditemukan pada tahun 1974. Berdasarkan juru kunci, yaitu Bapak Arif Saifudin beteng ini ditemukan oleh seorang pemuda bernama Ahmad Salam di tengah hutan dengan tinggi bangunan 2,5 meter. Bangunan ini merupakan peninggalan Raja Brawijaya V keturunan dari Kerajaan Majapahit. Situs ini dinamakan “Beteng” karena adanya perang dan Raden Patah melarikan diri ke arah Desa Semboro dan mendirikan Beteng di Desa Sidomekar.

Pada malam 1 suro, situs “Mbah Beteng” ini digunakan untuk pagelaran wayang kulit. Setiap malam Jumat legi, Jumat kliwon dan Selasa kliwon terdapat kegiatan ritual bersama yang biasa dilakukan oleh masyarakat Desa Sidomekar juga masyarakat dari luar desa.

Situs “Mbah Beteng” pernah menjadi objek wisata, namun hanya berjalan selama lima bulan. Hal tersebut dikarenakan situs “Mbah Beteng” yang kurang pemeliharaan. Oleh karena itu, perangkat desa Sidomekar kembali berupaya agar situs “Mbah Beteng” menjadi objek wisata kembali sehingga dilakukan kegiatan rutin pemeliharaan situs.

Pada hari Sabtu, 2 Maret 2024 kelompok mahasiswa KKN Unmuh Jember dan UIN Khas Jember melakukan kegiatan kolaborasi kerja bakti bersama  masyarakat sekitar. Kerja bakti gersebut dilaksanakan dalam rangka pemeliharaan situs “Mbah Beteng”. Kegiatan kerja bakti di situs “Mbah Beteng” dimulai pukul 07.00-10.00 WIB dengan agenda membersihkan halaman situs yang banyak ditumbuhi rumput liar.  

Kegiatan kebersihan ini memang secara rutin dilaksanakan oleh masyarakat dan perangkat desa beserta relawan sekitar di desa Sidomekar, Kecamatan Semboro untuk menjaga kebersihan dan mencegah tumbuhnya rumput liar.  Berdasarkan koordinator desa KKN Unmuh Jember kegiatan ini diikuti untuk menjaga situs peninggalan selain itu, kegiatan tersebut sebagai wadah bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.   



 

Search