Previous Next

KIRAB DAN TASYAKURAN KHATMIL QUR’AN XIX TPQ AL – BAROKAH DUSUN CURAHKALONG DESA KARANGSONO

Desa Karangsono merupakan salah satu desa di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Jawa Timur. Pada hari kamis, 29 Februari 2024 mahasiswa KKN Kelompok 15 Universitas Muhammadiyah Jember ikut sera dalam memeriahkan dan membantu dalam persiapan acara Kirab dan Tasyakuran Khatmil Qur’an yang ke-XIX TPQ Al-Barokah. Acara ini berlangsung dari pukul 13:00 wib – 22:00 wib. Untuk acara kirabnya sendiri acaranya meliputi pawai kirab yang diikuti dengan penampilan drum band, dan rangkaian acara lainnya dari para santri putra dan santri putri yang didampingi oleh ustadz, ustadzah, dan mahasiswa KKN kelompok 15. Bukan hanya itu saja, tapi warga juga ikut serta menghadiri acara kirab dan tasyakuran khatmil qur’an yang ke-XIX TPQ Al-Barokah.

Santri dan santriwati yang akan melakukan wisuda dikirab dengan menggunakan bentor yang sudah dihias sedemikian rupa. Dalam memeriahkan acara wisuda khatmil qur’an ada 6 bentor hias yang dihias dengan balon, kertas warna dan lain-lainnya. Disetiap satu bentor yang sudah dihias ada 2 santri, jadi ada total 12 santri yang ada dialam bentor yang mengikuti kirab.  

 

Di ikuti dengan kirab santri dan santriwati dengan tujuan memeriahkan acara wisuda TPQ Al- Barokah Dusun Curah Keting, kirab tersebut dilakukan dengan berjalan kaki sejauh 1,5 km serta diiringi dengan drum band lokal dari daerah tersebut. Tidak hanya drum band, banyak juga kegiatan selain drum band yaitu seluruh santri dan santriwati juga memeriahkan acara yang mengiringi kirab dengan berjalan kaki sambil memegang bendera merah putih.  


Setelah melakukan kirab, dilanjutkan dengan penampilan atraksi drum band di depan panggung dalam acara penutup kirab di sore itu. Penampilan atraksi drum band tersebut berlangsung sekitar satu jam setelah seluruh peserta kirab sampai di lokasi.

Sebelum melanjutkan acara puncak di malam harinya, ada beberapa persiapan yang dilakukan untuk penampilan dari pengisi acara, seperti tarian dan juga wisudawan/wisudawati. Persiapan yang dilakukan meliputi pemakaian kostum dan riasan wajah yang dibantu oleh beberapa anggota KKN kelompok 15.

Acara Khatmil Qur'an di TPQ adalah momentum suci dimana para santri mengakhiri perjalanan mereka dalam mempelajari dan menghafal Al-Qur'an. Suasana di TPQ dipenuhi dengan khidmat saat para santri, guru, dan orang tua berkumpul untuk merayakan pencapaian ini. Dalam acara ini, beberapa kegiatan yang dilakukan para santri wisuda adalah sebagai berikut, membacakan ayat-ayat terakhir Al-Qur'an yang mereka hafal di hadapan para tamu. Ada juga doa-doa yang dipanjatkan untuk kesuksesan santri dalam mengamalkan isi Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu, sebagai acara penutup dilakukan penyerahan sertifikat kepada seluruh santri sebagai tanda penghargaan atas usaha mereka dalam mempelajari Al-Qur'an. Acara ini tidak hanya merupakan perayaan pencapaian akademis, tetapi juga momen untuk mempererat tali silaturahmi antara santri, guru, dan komunitas TPQ Al-Barokah. Acara Khatmil Qur’an pada malam ini berlangsung sangat meriah. Tidak hanya KKN Kelompok 15, acara ini juga diikuti oleh kelompok KKN dari UIN khas Jember dan masyarakat Dusun Curahketing, Desa Karangsono.  

            Kami KKN Kelompok 15 Universitas Muhammadiyah Jember mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Kasun Curahketing, Desa Karangsono yang telah mengajak kami serta melibatkan kami dalam acara ini. Dengan ini kami merasa sangat diayomi dan dibutuhkan oleh Masyarakat Desa Karangsono, kami juga sangat terima kasih kepada Masyarakat Desa Karangsono karena telah menerima kita dengan baik.

Search