Previous Next

PARTISIPASI MAHASISWA KKN KELOMPOK 10 DALAM PENGEMBANGAN UMKM

Kuliah Kerja Nyata (KKN) gelombang 1 tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Jember dilaksanakan pada tanggal 26 Februari sampai 25 Maret 2024. Dengan mempertimbangkan berbagai kebutuhan di masyarakat desa yaitu tentang UMKM dan Sertifikat halal, kegiatan ini berlokasi di desa Petung, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember.

Di hari pertama terdapat kegiatan penerjunan peserta KKN yang dipimpin oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jember, Dr. Hanafi, M.Pd, menyampaikan bahwa kegiatan KKN yang diharapkan dapat menjadi media bagi mahasiswa memperoleh pengalaman yang sangat berharga untuk melatih kerja sama dan kemandirian, dimana kemandirian itu akan menjadi modal utama yang dibutuhkan ketika mahasiswa sudah lulus dari kampus dan menghadapi kenyataan di dunia kerja/bersama masyarakat. Setelah itu kita langsung menuju desa dengan dilanjutkan pada sore harinya mengadakan rapat bersama dosen pembimbing lapangan (DPL). Tujuan rapat ini adalah untuk menyampaikan laporan perkembangan dan mendapatkan arahan dari DPL kami terkait pelaksanaan program KKN. Lalu pada malam harinya melaksanakan rapat internal untuk membahas lebih lanjut program kerja yang akan dijalankan selama masa KKN berlangsung.

Pada hari Selasa, kami melanjutkan agenda dengan kunjungan ke Kantor Kepala Desa Petung, RW, serta RT di daerah posko. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kondisi dan kebutuhan masyarakat setempat. Kami juga melakukan pendataan tentang jumlah dusun di Desa Petung serta mengumpulkan informasi tentang program-program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah desa.

Selain itu, kami juga melakukan survei terjun lapang dengan mengunjungi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di setiap dusun untuk mengevaluasi jenis usaha yang ada dan memahami potensi ekonomi lokal. Survei ini juga melibatkan pendataan jumlah posyandu di tiap dusun sebagai bagian dari upaya untuk memahami sektor kesehatan masyarakat setempat.

Pada hari Rabu, setelah melalui serangkaian kegiatan pada hari sebelumnya kami mahasiswa KKN di Desa Petung melanjutkan agenda dengan melakukan survei lanjutan. Kegiatan survei ini bertujuan untuk mengumpulkan data yang lebih terperinci mengenai usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di setiap dusun. Kami juga bergerak aktif ke lapangan untuk melakukan wawancara dan observasi langsung dengan para pelaku UMKM, mencatat informasi seperti jenis produk yang dihasilkan, skala usaha, modal awal, omset, tenaga kerja yang terlibat, serta kendala yang dihadapi. Kegiatan survei ini dilakukan secara sistematis dan terkoordinasi untuk memastikan data yang terkumpul akurat dan relevan guna mendukung analisis lebih lanjut dalam merumuskan strategi dan program kerja selanjutnya bagi pembangunan desa.

Search