Previous Next

Kegiatan Lomba Fashion Show "Kreasi dan Inovasi Kostum Recycle" Sukses Digelar di Desa Kraton

 

Lumajang, Yosowilangun, Kraton - Dalam semangat perayaan kemerdekaan, kelompok 05 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Muhammadiyah Jember ikut berpartisipasi dalam rangka perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-78 di Desa Kraton, Yosowilangun. Dalam rangka memperingati 78 tahun kemerdekaan Indonesia, panggung Fashion kembali menjadi ajang yang menyatukan semangat patriotisme dengan kreativitas tak terbatas.

 

Acara Lomba Fashion Show Kemerdekaan yang diadakan pada tanggal 19 Agustus 2023 di balai desa Kraton, berhasil menciptakan momentum yang luar biasa dalam merayakan perjalanan panjang bangsa Indonesia. Acara lomba Fashion Show ini turut dimeriahkan oleh peserta dari siswa dan siswi TK, SD/MI dan umum.

Tema yang diusung dalam acara lomba Fashion Show kali ini telah berhasil menggabungkan sejarah dan inovasi.

Busana yang ditampilkan terbuat dari bahan recycle dengan sentuhan nilai-nilai budaya dan sejarah yang terkandung di dalamnya.

 

Dalam upaya untuk memeriahkan acara tersebut, kelompok 05 KKN Universitas Muhammadiyah Jember telah berhasil memberikan kontribusi luar biasa selama digelarnya acara. Kegiatan ini merupakan bagian dari program KKN yang bertujuan untuk memberi kesempatan pada warga yang terlibat untuk meningkatkan kreativitas mereka serta menjalin keharmonisan antar masyarakat di desa Kraton.

"Tema kostum yg diambil terinspirasi dari tema kemerdekaan, kebanyakan orang awam mengaitkan dengan pancasila dan merah putih sehingga tercipta tema dengan kostum garuda". Ujar salah satu orang tua peserta lomba Fashion Show.

 

"Bahan yang digunakan untuk baju terdiri dari kotak susu, kertas emas. Kemudian untuk celana terbuat dari bahan kresek bekas, dan untuk bagian sayap terbuat dari bahan kardus. Bagian kepala terbuat dari sendok bekas dan kardus. Lambang Garuda dibuat dengan bahan asli yang terdiri dari padi, kapas, rantai". Imbuh salah satu orang tua peserta lomba Fashion Show.

Kesan-kesan untuk acara ini, para orang tua sangat antusias dan bersemangat dalam membuat kostum. Proses pembuatan kostum dilakukan selama kurang lebih 2 minggu.

 

Pada akhirnya, kolaborasi antara mahasiswa KKN kelompok 05 pada acara lomba Fashion Show dalam rangka hari kemerdekaan di desa Kraton tidak hanya menyuguhkan tren busana, tetapi juga menggambarkan bagaimana kreasi dan kolaborasi dapat mewujudkan perubahan positif di tingkat komunitas. Dengan semangat kreativitas dan semangat gotong royong yang begitu kuat, mereka telah merajut hubungan yang lebih mendalam antara pendidikan tinggi dan masyarakat pedesaan.

 

Search