Previous Next

Pengalaman Berwarna Nan Ispiratif Wisudawan Hafidz Qur’an Wisuda Ke-50 Unmuh Jember Semasa Kuliah

Sehubungan dengan diselenggarakannya Rapat Terbuka Senat Wisuda Ke -50 pada Program Magister (S2), Sarjana (S1) dan Ahli Madya (D3) Semester Ganjil 2023/2024 Unuversitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember), beberapa mahasiswa dinobatkan untuk mendapat penghargaan dengan beberapa kategori antara lain wisudawan lulusan tercepat, IPK tertinggi, hafizh quran dan mahasiswa teladan.

 

Salah satu dari wisudawan, Jepri Akbar, yang diwisuda pada hari Sabtu (27/04/2024) berhasil meraih IPK tertinggi di Fakultas Psikologi dengan perolehan nilai 3,69 serta wisudawan ini dinobatkan sebagai wisudawan hafidz qur’an 10 Juz.

 

Dalam kisah perjalanannya, Jefri memanfaatkan masa kuliahnya dengan berkuliah secara sungguh-sungguh dan terus bekerja keras untuk mendapatkan hasil maksimal. Tak heran jika gelar IPK tertinggi se-Fakultas Psikologi dapat diraihnya dengan ikhtiar yang sungguh-sungguh. Tinggal di Pesantren Al-Fanani membuat Jefri lebih aktif untuk mengikuti kegiatan ekstra di lingkungan kampus.

 

“Selama saya tinggal di Pesantren Al-Fanani, banyak kegiatan di samping kegiatan kuliah yang saya ikuti di pesantren seperti hafalan dan dirasah” kata Jefri.

 

Tak hanya fokus pada perkuliahan, Jefri terus menggapai prestasi akademik dan non akademik yang tersedia di universitas, antara lain kemenangannya dalam meraih juara 2 di pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) di Fakultas Psikologi. Selain itu, mahasiswa ini juga berhasil menjadi Duta Putra Fakultas Psikologi periode pertama.

 

Turut aktif di kegiatan berorganisasi juga menuntun Jefri untuk bisa memaksimalkan pengalaman perkuliahannya di Unmuh Jember. Mengetuai UKM Hizbul Wathan menjadi salah satu pencapaian organisasi terhebat yang dimiliki oleh wisudawan hafidz qur’an ini. Selain bergerak di unit kegiatan, Jefri juga berpartisipasi secara aktif di IMM Komisariat Psikologi.

 

“Di pesantren dan organisasi saya bertemu dengan banyak orang yang menginspirasi saya untuk terus berprestasi, berkumpul dengan orang-orang inilah yang mendorong semangat saya untuk meraih prestasi” jelas Jefri.

 

Atas wibawa yang diusung oleh Jefri, dia dipercaya untuk menjadi koordinator desa di kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 15 Desa Kunir Lor, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang dan berhasil meraih penghargaan kelompok terbaik se-Kecamatan.

 

Dalam perjalanan yang indah, tentunya terdapat lika-liku rintangan yang harus dilalui agar bisa memetik hasil yang diinginkan. Jefri mengaku terkadang kesulitan untuk mengerjakan tugas dan praktikum dengan deadline dan waktu yang sama. Ditambah dengan keluhannya terkait dengan tugas kelompok yang dijalaninya tidak terkoordinasi dengan baik oleh rekan kelompoknya.

 

“Kadang harus begadang karena anggota kelompok minim kontribusi” keluh Jefri.

 

Namun dari keluh kesah tersebut, tidak menurunkan tekad Jefri untuk bisa menjalani perkuliahan dengan beragam prestasi dan pencapaian. Dedikasi tinggi yang dimiliki Jefri patut menjadi teladan bagi seluruh mahasiswa untuk mejalani perkuliahan di Unmuh Jember agar dapat mengharumkan nama kampus biru sebagai universitas yang mampu bersaing dengan universitas lain.

Search