840 Mahasiswa UM Jember Ikuti Pembekalan KKN Tematik Tahun 2020

Kuliah kerja Nyata yang selajutnya disingkat KKN merupakan aktivitas yang memiliki fungsi ganda yakni sebagai kesempatan Mahasiswa untuk belajar bekerja secara interdisipliner dan belajar secara langsung bersama mMsyarakat dengan berbagai dinamika dan solusi alternative dalam menyelesaikan masalah. UM Jember melalui Lembaga penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat yang selanjutnya disebut sebagai LPPM yang bertugas sebagai Lembaga yang mengelola dan menyelenggarakan KKN telah menyusun dan menetapkan panduan untuk para mahasiswa yang akan melakukan KKN dari berbagi fakultas.

Diawalai pada tanggal 7-10 Januari 2020 bertempat di Aula Ahmad Zaenuri LPPM menyelenggarakan pembekalan KKN dengan total 840 peserta yang terbagi menjadi dua gelombang kelompok besar. Dalam acara pembekalan ini disampaikan seluruh maksud dan tujuan diselenggarakannya KKN untuk Mahasiswa UM Jember.

“ dengan adannya kegiatan KKN diharapkan mahasiswa memperoleh banyak manfaat diantaranyya sebagai sarana mengamalkan ilmu pengetahuan, sebagai wahana untuk berlatih hidup bermasyarakat dan juga sebagai sarana untuk berlatih memimpin peran sebagai motivator dan inovator dalam pembangunan desa.” Jelas Dr Bagus Setya R., M. Kom dalam sambutan Kepala LPPM UM Jember.

KKN UM Jember 2020 mengangkat tema umum yakni “Bersama Membangun Desa” dengan melakukan beberapa bidang kegiatan baik fisik maupun non fisik yang telah disarankan dalam panduan KKN 2020.

Dalam evaluasi keberhasilan KKN UM Jember ditentukan berdasarkan 5 indikator diantarannya, meningkatkan kesadaran akan arti pentingnya lingkungan, meningkatkanya usaha disektor informal, meningkatnya kedsadaran masyarakat akan arti penting kesehatan, meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya Pendidikan dan membantu masyarakat dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

KKN akan dilaksanakan pada 29 Januari – 27 Februari 2020 di empatpuluh desa dari 4 kecamatan yakni Jelbuk, kalisat, sukowono, ledokombo.

Search

  • About
  • Akademik
  • Litabmas
  • Mahasiswa
  • Penerimaan
  • Dokumen