UM Jember, Borong Akreditasi A Untuk Tiga Program Studi

UM Jember. Menjelang akhir tahun 2019 tiga program studi secara berurutan Mendapat predikat terakreditasi A oleh badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Diawali dari bulan September hingga oktober ke empat program studi itu diantarannya program studi Manajemen, Program Studi Agribisnis dan Program Studi Agroteknologi.

Hal ini tertuang dalam SK BAN-PT No.3285/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019 tanggal 03- September-2019 menyatakan Status Terakreditasi Program Studi Manajemen mendapat Peringkat A, menurut SK No. 3856/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019 tanggal 15-Oktober-2019 menyatakan Status Terakreditasi A Program studi Agribisnis dan SK No. 3932/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019 tanggal 16-Oktober-2019 menyatakan Status Terakreditasi Program Studi Agroteknologi mendapat Peringkat A.

Dengan perolehan Peringkat A ini menunjukkan bahwa UM Jember telah terbukti mengedepankan kualitas dalam setiap proses catur Dharma Perguruan Tinggi dan hal ini merupakan komitmen bersama seluruh sivitas akademika UM Jember untuk selalu meningkatkan kualitas agar menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing sehingga bisa memberikan darma baktinya kepada bangsa dan negara yang islami.

Iin Ervina ,S.Psi., M.Si ketua Lembaga penjaminan mutu UM Jember mengatakan “Akreditasi diperlukan untuk menjamin mutu dari suatu lembaga pendidikan. Selain itu untuk masyarakat umum, akreditasi juga bisa menjadi alat untuk mengukur sistem penjaminan mutu suatu Perguruan Tinggi dalam melakukan proses belajar mengajar. Imbuhnya, bila program studi berakreditasi A, maka program studi tersebut dianggap bermutu baik sehingga mahasiswa akan mendapatkan jaminan yang berkualitas saat menjalankan studi. “Jaminan ini tak hanya diperoleh pada proses pembelajaran, tapi juga pada proses rekruitmen dan penyerapan alumni di dunia kerja” Lebih lanjut, kata Iin Ervina, para lulusan program studi berakreditasi A akan mendapat kesempatan bekerja di berbagai instansi swasta ataupun pemerintah.

Bagi program studi, kondisi ini amat menguntungkan dalam penerimaan mahasiswa. Diyakini, animo masyarakat akan terus meningkat untuk memilih program studi berakreditasi A, karena orangtua menjadikan akreditasi pada perguruan tinggi sebagai barometer mutu sebuah perguruan tinggi. Selain itu, program studi juga akan mendapatkan berbagai hibah dan fasilitas lainnya dari pemerintah. Tak hanya itu, program studi berkreditasi A juga berpeluang membuka program S2 bahkan S3. Selamat dan sukses UM Jember.

Search

  • About
  • Akademik
  • Litabmas
  • Mahasiswa
  • Penerimaan
  • Dokumen