Pancasila sebagai Penyelamat Bangsa Indonesia, Benarkah?

Setiap tanggal 1 Juni Indonesia memperingati hari lahir Pancasila sebagai ideologi bangsa. Drs Itok Wicaksono MSi menjelaskan bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa dianggap mampu menyelesaikan berbagai macam persoalan dan masalah bangsa ini, Ahad, (31/5/2020).

Hal itu tebukti dalam sejarah dimana Pancasila selalu menjadi pegangan ketika terjadi krisis nasional dan ancaman terhadap eksistensi bangsa indonesia. Krisis pertama dirasakan ketika awal kemerdekaan dimana kondisi Indonesia di awal kemerdekaan belum mapan, terjadi ketegangan, kekacauan dan berbagai insiden. Sebab ada pihak asing yang tidak ingin Indonesia merdeka. “Apalagi pada saat itu kondisi perekonomian negara masih sangat memprihatinkan karena inflasi, belum punya mata uang Republik Indonesia, peredaran mata uang asing, dan kas negara kosong.” ujar Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Jember –UM Jember tersebut-. Namun Indonesia berhasil keluar dari keadaan yang demikian karena kekuatan pancasila sehingga disebut ‘sakti’.

Tak hanya krisis tersebut, di tahun 2019 kemarin, Indonesia mengalami momentum besar yaitu Pemilu Capres dan Cawapres yang membuat Indonesia hampir terpecah. Dari kelima sila yang ada di Pancasila, nilai Ketuhanan yang terdapat pada sila pertama dianggap sangat penting bagi rakyat Indonesia karena menganggap bahwa agama adalah pegangan hidup. Maka tak ada kesempatan bagi warga Indonesia untuk menganut atheis, berbeda dengan Negara Amerika atau Cina. “Itulah salah satu hal yang membedakan Indonesia dengan Negara lain.” jelas Itok, sapaan akrabnya. Nilai Ketuhanan yang sudah melekat pada masyarakat Indonesia juga erat kaitannya dengan krisis yang melanda dunia saat ini yaitu wabah virus Covid-19.

Meyakini bahwa kondisi yang terjadi sekarang datangnya dari Tuhan, maka dengan menyembah Tuhan menjadi salah satu pegangan kuat agar Covud-19 bisa segera usai. Tak hanya Ketuhanan, Itok menjelaskan, makna Pancasila memiliki fungsi dan peranan yang luas dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara. Kesembilan makna tersebut yaitu, Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai kepribadian Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia, Pancasila Sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum Negara, Pancasila Sebagai Perjanjian Luhur, Pancasila Sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia, Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Pancasila Sebagai Moral Pembangunan, dan Pembangunan Nasional Sebagai Pengamalan Pancasila.

Search