Pulihkan Wisata "Sedoyo", KKN Kolaboratif 18 Ajak Masyarakat dan Pemdes

     Desa Grenden merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Desa ini menjadi tempat mahasiswa KKN Kolaboratif kelompok 18 dalam melaksanakan program dari Perguruan Tinggi se-Jember. Kelompok KKN Kolaboratif 18 sendiri beranggotakan mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi yaitu Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember dan Universitas PGRI Argopuro Jember. Desa inimemiliki potensi menjadi desa wisata karena memiliki pemandangan alam yang sangat   indah, apalagi jika dilihat dari kejauhan.

     Di bawah bimbingan dr. M. Afiful Jauhani, MH, Sp. FM. KKN Kolaboratif 18 bersama masyarakat dan pemerintah desa Grenden berkolaborasi untuk mengembangkan Wisata Sedoyo agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

     Kondisi lingkungan sekitar tempat wisata yang tidak terawat, banyak sampah yang menumpuk, fasilitas yang belum memadahi dan kurangnya antusiasme masyarakat untuk meramaikan wisata tersebut membuat kelompok KKN Kolaboratif 18 mengajak seluruh pihak sekitar untuk membenahi kembali tempat tersebut sehingga menjadi salah satu destinasi pariwisata. Kurangnya kesadaran warga desa maupun pengunjung wisata Sedoyo membuat para mahasiswa KKN tergerak untuk membuat rencana pengembangan Wisata Sedoyo. Tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi tahap perintisan, tahap penguatan, tahap pengembangan, tahap kemandirian, tahap exit strategi. penanaman kembali tanaman hijau. 

     Tahap perintisan menjadi pintu awal mahasiswa melakukan sosialisasi. Acara sosialisasi di selenggarakan guna memberi pengetahuan dan wawasan mengenai potensi wisata kepada masyarakat khususnya Desa Grenden. Ketua panitia, Mochamad Rafli mengatakan, sosialisasi bertujuan dapat memberi pengetahuan kepada para pemilik usaha disekitar tempat wisata dan mengedukasi tentang cara mempromosikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wisata Sedoyo. Mahasiswa KKN berharap dengan adanya sosialisasi penggiat wisata di Desa Grenden masayarakat dapat mengembangkan wisata alam maupun wisata kuliner. Sehingga dapat membantu perekonomian desa dan dapat menjadi daya tarik wisatawan. Rencananya Kegiatan sosialisasi diikuti beberapa peserta terdiri dari masyarakat, kelompok sadar wisata Desa Grenden, perangkat Desa Grenden, para pemilik usaha disekitar wisata dan para petani sekitar wisata di Desa Grenden.

     Para mahasiswa berharap, Wisata Sedoyo memiliki keindahan yang tidak disadari oleh warga berpotensi menjadi sebuah destinasi wisata di desa yang dapat menarik para pengunjung. Pengembangan berbagai potensi yang ada, harapannya pariwisata ini dapat menjadi salah satu sektor unggulan daerah dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

Search