EDUKASI KESEHATAN GIGI DAN MULUT UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI KKN KOLABORATIF

     Mengingat prevalensi karies gigi yang tinggi di Indonesia dan masih minimnya edukasi kesehatan gigi dan mulut, Kelompok KKN Kolaboratif 229 Kelurahan Kaliwates melaksanakan kegiatan edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk anak usia dini. Edukasi ini dilakukan pada hari ke-6 kegiatan KKN dengan tujuan memberikan penyuluhan serta meningkatkan kesadaran anak-anak akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut dengan memberikan pengetahuan mengenai cara menggosok gigi yang benar dan di waktu yang tepat. Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di TK IT Al-Azhar, Kaliwates, Jumat (29/7)

     Setelah melakukan serangkaian koordinasi bersama Lurah Kaliwates, Athur Robby Tantra dan Ketua Perkumpulan Rukun Warga (RW), Zaenul Hadi, mahasiswa KKN Kolaboratif memulai program kerja ini dengan observasi pada TK IT Al-Azhar untuk melihat kondisi secara langsung dan persiapan edukasi. Pihak sekolah atau yayasan sangat terbuka dengan program kerja yang diusulkan sehingga terbentuk sinergi yang baik antara mahasiswa, sekolah, dan pemerintah kelurahan. "Kegiatan edukasi kesehatan gigi dan mulut oleh mahasiswa KKN Kolaboratif ini sangat membantu anak-anak dalam menyadarkan pentingnya menggosok gigi dengan benar dan di waktu yang tepat", Ibu Sri (Guru TK IT Al-Azhar).

     Kegiatan edukasi kesehatan gigi dan mulut dilaksanakan oleh Kelompok KKN Kolaboratif 229 Kaliwates dengan dibantu oleh guru-guru pada TK IT Al-Azhar. Edukasi ini diikuti oleh seluruh murid TK IT Al-Azhar dengan penuh antusias. Selain memberikan materi mengenai kesehatan gigi dan mulut, kegiatan edukasi ini juga menyampaikan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat dengan materi cara mencuci tangan yang benar.

     Dengan dilaksanakannya program Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Usia Dini, diharapkan anak-anak dapat memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya menggosok gigi dengan benar dan di waktu yang tepat.

Search