Bukan Kopi Luwak Biasa Inilah Potensi Tersembunyi dari Dusun Pakel Desa Suco Pangepok

     Penerjunan KKN telah usai beberapa pekan lalu, kini para Mahasiswa KKN diberikan amanat untuk turut mengabdi kepada masyarakat selama sekitar 35 hari ke depan. Termasuk salah satunya adalah Mahasiswa KKN Kolaboratif kelompok 225.

     Semenjak turun ke lapangan, para mahasiswa KKN 225 melakukan survei lapangan di perkebunan kopi dusun Pakel dilanjut dengan menganalisis masalah di perkebunan kopi. Sebelumnya, para mahasiswa melakukan wawancara dengan kepala desa, kepala dusun, dan para petani kopi.

     Jenis kopi robusta menjadi tanaman kopi yang paling banyak ditanam. Menurut kepala desa suco pangepok, Abdul Rahman, potensi komoditas kopi di kalangan masyarakat sangat besar salah satu wilayah penghasil kopi yaitu di dusun pakel. Ia juga menjelaskan bahwa saat panen raya dusun Pakel dapat memanen sekitar 10-11 ton biji kopi mentah. Kopi dari kotoran luwak liar yang biasa ditemukan di kebun kopi biasanya diolah oleh warga sekitar dan dikonsumsi pribadi.

     “Panen kopi dilakukan setahun sekali yaitu pada saat bulan 7 atau 8 dan hasil panen dijual kepada pengepul kopi”: pungkasnya.  

     Mahasiswa KKN Kolaboratif 225 menganalisis permasalahan bahwa komoditas kopi di dusun ini belum dikelola dengan baik, rata-rata hasil panen pada perkebunan kopi mayoritas dijual pada pengepul sehingga nilai ekonomisnya kurang maksimal. Apabila dikembangkan lagi di masa mendatang dengan cara diolah dan dijadikan suatu produk bubuk kopi luwak maka dapat meningkatkan perekonomian dan dapat memberikan efek pemberdayaan ekonomi masyarakat petani kopi.

     Pihak desa merekomendasikan peningkatan ekonomi melalui komoditas kopi karena memang dusun pakel ini memiliki kebun kopi yang sangat luas. Selain itu permasalahan mahalnya harga pupuk dapat mengurangi hasil panen sehingga kurang maksimal. Pemerintah sebaiknya menekan harga pupuk dan dapat memberikan subsidi pupuk bagi para petani sehingga petani tidak keberatan dengan permasalahan pupuk.

Search